Kaesang Minta Maaf Dulu PSI Cela PDIP, Ini Respons Puan

Pertemuan antara Kaesang Pangarep dan Puan Maharani
Pertemuan antara Kaesang Pangarep dan Puan Maharani | Ist

FORUM KEADILAN – Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep bertemu dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani pada Kamis, 5/10/2023.

Dalam pertemuan tersebut, Kaesang mengaku dirinya sempat meminta maaf pada Puan lantaran PSI sempat mencela PDIP.

Bacaan Lainnya

“Saya juga sempat minta maaf untuk teman-teman PSI yang dulunya bisa dibilang mencela atau merendahkan PDIP. Saya dari PSI meminta maaf kepada Mbak Puan secara langsung dan teman-teman PDIP lainnya. Balik lagi ini pesta demokrasi harus dilakukan gembira dan santun,” sambungnya.

Mendengar permintaan maaf tersebut, Puan pun menyampaikan terima kasih atas niat baik Kaesang.

Keduanya juga sepakat untuk membangun politik yang beretika.

“Ya saya sangat berterima kasih dengan semangat yang tadi disampaikan Mas Kaesang, bahwa kita akan membangun Indonesia itu dengan politik etika yang santun,” ujar Puan.

Dalam kesempatan yang berbeda, Kaesang juga berkomitmen akan mendisiplinkan kader-kader PSI yang masih mencela partai lain, termasuk PDIP.

Dia tak mempersoalkan jika yang disampaikan kadernya adalah kritik.

“Pasti (bakal didisiplinkan),” kata Kaesang usai bertemu Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya di kawasan Menteng.

“Balik lagi kan di dalam kami sudah bilang beberapa kali kalau mengkritik itu silakan, kalau mencela itu kan beda hal,” ujarnya.

Kaesang juga memperingatkan jangan sampai kritik memasuki ranah pribadi. Dia mempersilakan kadernya mengkritik kebijakan.

“Apalagi masuknya ke ranah pribadi itu yang sangat harus dihindari dan jangan sampai dilakukan, kalau masalah kebijakan ya nggak masalah, biasa lah,” imbuh dia.*