PDIP Siap Gandeng JK dalam Tim Pemenangan Ganjar di Pilpres

Jusuf Kalla dan Puan Maharani
Jusuf Kalla dan Puan Maharani | Ist

FORUM KEADILAN – Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto memberi sinyal bahwa Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (JK) akan diajak bergabung dalam Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Ia tak menampik silaturahmi yang dilakukan Ketua DPP PDIP Puan Maharani ke rumah JK pada Rabu, 4/10/2023 siang karena membahas hal tersebut.

Bacaan Lainnya

Langkah awal yang dilakukan oleh PDIP adalah melakukan komunikasi politik lebih dulu.

“Ya tentu saja yang dilakukan Mbak Puan komunikasi politik terlebih dahulu,” kata Hasto pada Rabu, 4/10.

Dalam pertemuan tersebut, Hasto mengatakan jika Puan banyak menerima arahan dari JK. Ia juga yakin jika hasil pertemuan antara Puan dan JK akan bermanfaat bagi misi pemenangan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

“Pak JK itu kan dikenal bergerak cepat, sehingga pertemuan itu sendiri merupakan hal yang positif bagi PDIP dan juga Pak Ganjar Pranowo,” ucap Hasto.

Hasto mengklaim terdapat hubungan historis yang cukup panjang antara JK dengan PDIP, yang terbangun sejak 2014 silam.

Kala itu, Hasto diberi mandat khusus oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk menemui JK guna meminta mendampingi Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2014 lalu.

Sebelumnya, JK mengaku sempat berbicara isu Pilpres 2024 saat menjamu Puan di kediamannya.

“Pilpres? Ya, tentu, lah masa tidak disinggung pilpres,” kata JK dalam jumpa pers usai pertemuan.

Namun, JK tak menyebut secara gamblang dalam pertemuan itu ada ajakan Puan bagi dirinya untuk turut mendukung bahkan masuk ke TPN Capres Ganjar Pranowo.

Di samping tamunya, Puan, JK malah mengatakan semua kandidat capres yang ada saat ini sama-sama memiliki kesempatan, baik Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, maupun Anies Baswedan. Menurut JK, semua itu tergantung pada pilihan rakyat Indonesia.*