5 Manfaat Konsumsi Puding Bagi Kesehatan

Ilustrasi puding
Ilustrasi puding | ist

FORUM KEADILAN – Jika membahas tentang dessert atau hidangan penutup, rasanya hampir sebagian orang akan memikirkan puding.

Ya, puding merupakan salah satu hidangan penutup atau dessert popular yang disukai hampir semua orang.

Bacaan Lainnya

Puding banyak disukai selain karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis, juga karena tampilannya yang menarik dan cukup mengenyangkan untuk dikonsumsi.

Tidak hanya itu, puding juga sering dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani program diet karena membantu dalam penurunan berat badan. Konsumsi puding dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, yang bermanfaat dalam proses pembakaran lemak dan kalori dalam tubuh.

Ada banyak manfaat lain dari puding bagi kesehatan tubuh, loh. Hal itu karena puding terbuat dari bahan-bahan yang mengandung nutrisi baik bagi tubuh, seperti susu, agar-agar, santan, telur, tepung, potongan buah, kelapa muda, dan masih banyak lagi.

Menarik bukan? Berikut manfaat mengonsumsi puding bagi kesehatan.

1. Mengandung Antioksidan

Puding memiliki kandungan oksidan yang baik untuk tubuh. Hal ini karena puding terbuat dari agar-agar yang merupakan olahan dari rumput laut yang dipercaya memiliki kandungan antioksidan di dalamnya, yang berguna untuk melawan efek radikal bebas yang menyebabkan munculnya penyakit kronis seperti kanker.

2. Melancarkan Pencernaan

Konsumsi puding dapat membantu melancarkan pencernaan. Sebab, puding memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang bisa membantu kebersihan usus, sehingga dapat mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit, diare, dan iritasi pada usus besar.

3. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Hal ini karena puding terbuat dari agar-agar yang berasal dari olahan rumput laut yang mengandung serat, antioksidan, kalium dan kalsium yang dapat menjaga kesehatan organ jantung dan pembuluh darah.

Puding yang terbuat dari rumput laut baik untuk dikonsumsi oleh pasien stroke karena memiliki efek yang sangat baik dalam mengendalikan tekanan darah, menyerap kadar garam, dan mengurangi lemak jahat dalam tubuh.

4. Mengendalikan Kadar Kolesterol

Mengonsumsi puding juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Kolesterol jahat yang menumpuk dalam tubuh dapat mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah. Oleh karena itu, konsumsi puding baik untuk tubuh agar membantu menjaga organ tubuh berfungsi optimal.

5. Menurunkan Risiko Osteoporosis

Alasannya karena puding terbuat dari susu yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, kandungan kalsium dan zat besinya juga efektif mengurangi risiko osteoporosis.

Tetapi, Anda perlu ingat, jangan mengonsumsinya secara berlebihan, manfaat tersebut Anda dapatkan apabila dikonsumsi dalam porsi yang normal atau wajar.

Itu dia beberapa manfaat mengonsumsi puding bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!*

Laporan Sandra Ridhola Veronica