Survei SMRC: Ganjar-Ridwan Kamil Ungguli Prabowo-Erick dan Anies-Cak Imin

Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo
Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo | ist

FORUM KEADILAN – Duet Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil (RK) unggul menurut Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) dibandingkan dengan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Prabowo Subianto-Erick Thohir dalam simulasi tiga pasangan calon Presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Survei SMRC dilakukan melalui telepon pada 5-8 September 2023 dengan populasi target adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Pemilihan sampel dilakukan menggunakan metode random digit dialing (RDD).

Bacaan Lainnya

Survei ini melibatkan 1.212 responden dengan margin of error sekitar ±2.9 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

“Survei menemukan bahwa Ganjar-Ridwan Kamil mendapatkan 35,4 persen. Kemudian Anies-Muhaimin 16,5 persen dan Prabowo-Erick 31,7 persen,” tutur Pendiri SMRC Prof Saiful Mujani, dalam keterangan tertulis, Jumat, 15/9/2023.

Kata Saiful, persentase tersebut masih bisa mengalami perubahan, walaupun kemungkinan Anies-Muhaimin untuk naik relatif sulit.

“Tentu saja pasangan Ganjar maupun Prabowo bisa berubah. Tapi setidaknya pasangan Anies-Muhaimin kemungkinan relatif stabil,” jelasnya.

Menurut Saiful, pasangan Anies-Muhaimin belum mengalami peningkatan dukungan meskipun telah mengumumkan sosok cawapres beberapa waktu yang lalu

“Walaupun muncul secara mengejutkan, belum punya efek yang menaikkan dukungan yang signifikan pada Anies ketika dia berpasangan dengan Muhaimin,” ujarnya.*