5 Film Bertema Pendidikan yang Wajib Ditonton, Apa Saja?

Film Laskar Pelangi
Film Laskar Pelangi | Ist

FORUM KEADILAN –¬†Tak hanya sebagai hiburan, film tentang pendidikan nyatanya bisa menjadi sarana belajar.

Tidak hanya itu, film pendidikan juga bisa meningkatkan gairah atau semangat belajar.

Film tentang pendidikan secara umum bercerita tentang kondisi sekolah, persoalan yang dihadapi guru atau murid, hingga pengetahuan tentang bagaimana cara memahami setiap anak.

Berikut ini daftar rekomendasi film Indonesia bertemakan pendidikan yang menginspirasi dan memberi motivasi.

1. Mengejar Embun ke Eropa (2016)

Mengejar Embun ke Eropa adalah film biografi Indonesia tahun 2016 yang mengangkat kisah perjuangan seorang tokoh pendidikan di wilayah Kendari, Sulawesi Tenggara.

Tokoh tersebut bernama Prof. Dr. Ir. Puro, M.S yang berjuang meningkatkan performa kampus Universitas Delapan Penjuru Angin (UDPA) Kendari.

Film ini menceritakan kisah seorang pejuang pendidikan bernama Puro, pemuda asal Pulau Muna, Sulawesi Tenggara.

Kehidupan yang sederhana ternyata tidak mengambat nasib baiknya untuk berangkat melanjutkan studi di Benua Eropa.

2. Negeri Lima Menara (2012

Negeri 5 Menara adalah sebuah film garapan Kompas Gramedia Production bersama Million Pictures yang merupakan adaptasi dari novel karya Ahmad Fuadi berjudul sama.

Skenario ditulis oleh Salman Aristo yang disutradarai oleh Affandi Abdul Rachman film ini mengambil lokasi syuting di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo Jawa Timur, Sumatera Barat, Bandung, hingga London.

Menceritakan seorang remaja sederhana bernama Alif. Ia dan sahabatnya Randai yang baru lulus SMP, ingin melanjutkan SMA di kota Bandung dan masuk kuliah di ITB.

Namun, keinginan itu harus runtuh ketika sang ibu menginginkan Alif untuk masuk ke pondok pesantren madani di Ponorogo.

3. MARS Mimpi Ananda Raih Semesta (2016)

Mars Mimpi Ananda Raih Semesta merupakan film drama Indonesia yang dirilis pada 4 Mei 2016.

Film ini dibintangi oleh Kinaryosih, Acha Septriasa, Teuku Rifnu Wikana, Cholidi Asadil Alam, dan Chelsea Riansy.

Film bergenre drama ini diadaptasi dari novel berjudul sama yang ditulis oleh Aishworo Ang.

Film Mars Mimpi Ananda Raih Semesta perdana dirilis pada 4 Mei 2016 lalu. Berdurasi 105 menit, alurnya mengikuti kisah perjuangan seorang wanita tua bernama Tupon (Kinaryosih) untuk anak kesayangannya, Sekar Palupi (Acha Septriasa).

Tupon sendiri tinggal di kaki Gunung Kidul dan membesarkan Sekar seorang diri lantaran suaminya sudah meninggal akibat kecelakaan.

4. Laskar Pelangi

Laskar Pelangi merupakan novel pertama karya Andrea Hirata yang diterbitkan pertama kali pada tahun 2005 oleh penerbit Bentang Pustaka, Yogyakarta.

Laskar Pelangi (2005) bercerita tentang suka, duka, harapan, cita-cita, kebodohan, kepintaran, dan kekonyolan yang dialami anggota Laskar Pelangi selama sekolah.

Pengalaman tersebut mengandung kisah yang inspiratif tentang perjuangan dan keberhasilan luar biasa anak-anak daerah (Provinsi Bangka-Belitung) dalam bidang pendidikan.

5. Sepatu Dahlan

Sepatu Dahlan merupakan karya yang disutradarakan oleh Benni Setiawan pada tahun 2014 oleh penerbit Expose Pictures, Mizan Production.

Salah satu film ini bercerita tentang seorang anak bernama Dahlan dengan cita-cita, cinta, dan semangat ingin mendapatkan sepatu dan sepeda untuk sekolah, dengan kondisi kemiskinan keluarganya, membuat ia tidak bisa berbuat banyak.

Namun, ia tetap berjuang untuk bisa mendapatkannya.*

 

Laporan Lulu Farha Chaerani