Golkar-PAN Resmi Dukung Prabowo Capres 2024

Golkar-PAN resmi gabung Gerindra-PKB dukung Prabowo capres 2024 | ist
Golkar-PAN resmi gabung Gerindra-PKB dukung Prabowo capres 2024 | ist

FORUM KEADILAN – Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Amanat Nasional (PAN) resmi gabung Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang digagas Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Dengan begitu, Golkar dan PAN pun resmi mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (capres) 2024.

Bacaan Lainnya

Acara deklarasi tersebut digelar di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, 13/8/2023. Acara tersebut dihadiri Ketua Umum (Ketum) Gerindra Prabowo, Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas).

Zulhas mengungkap alasannya mendukung Prabowo di Pilpres 2024. Kata dia, karena PAN telah lama menjalin hubungan dengan Prabowo. Dia juga optimis perjuangannya bersama Prabowo selama ini akan tuntas.

“Kenapa PAN mengambil keputusan itu? Kami sudah 10 tahun bareng-bareng dengan Pak Prabowo. Kalau tinggal sedikit, kenapa tidak sabar? Kami meyakini perjuangan 10 tahun akan tuntas,” kata Zulhas.

Zulhas juga menyebut, Indonesia bisa jadi negara maju hanya dengan dipimpin oleh orang yang tepat.

“Kalau kita bisa punya pimpinan yang tepat, maka cita-cita Indonesia merdeka dan 100 tahun Indonesia merdeka, menjadi negara yang maju InsyaAllah bisa kita capai,” tegasnya.

Senada, Airlangga menyebut, keputusannya mendukung Prabowo karena kedekatan Menteri Pertahanan RI itu dengan Golkar.

“Tidak lain tidak bukan karena Letnan Jenderal Prabowo lahir dari rahim Partai Golkar. Oleh karena itu, beliau mengikuti berbagai kegiatan di Golkar dan kekaryaannya tidak diragukan lagi. Ini egaliter, searah, setujuan dengan Golkar, Pak Prabowo,” ungkap Airlangga.

PKB menjadi partai pertama yang bergabung dengan Gerindra dalam mendukung Prabowo sebagai capres 2024. Setelah PKB, giliran Partai Bulan Bintang (PBB) yang menyatakan dukungan untuk Prabowo.

Partai Gelora kabarnya juga segera menyampaikan dukungan kepada Prabowo.*