Koalisi Perubahan: Demokrasi Memburuk di Era Jokowi

Jubir Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra
Jubir Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra/Merinda Faradianti

FORUM KEADILAN – Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, pertemuan Anies Baswedan dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membahas mengenai situasi demokrasi dan akselerasi konsolidasi Koalisi Perubahan.

“Benar, Tim 8 bersama Pak Anies menemui Presiden ke-6 Republik Indonesia Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Kami berdiskusi panjang, terutama banyak membahas situasi demokrasi dan ketatanegaraan yang makin memburuk,” katanya saat dikonfirmasi Forum Keadilan, Jumat, 2/6/2023.

Bacaan Lainnya

Ia melanjutkan, pertemuan tersebut juga membahas mengenai keadaan Koalisi Perubahan. Pertemuan itu turut dihadiri oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Keadaan yang demikian makin membulatkan tekad Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) untuk melakukan akselerasi konsolidasi. Kami membaca suasana batin rakyat yang menghendaki perbaikan, terutama dalam tata kelola negara, etika politik, penegakkan hukum, dan praktik korupsi yang kiat mewarnai pengelolaan negara,” sambungnya.

Menurutnya, saat sekarang ini banyak pemimpin negara yang meninggalkan asas-asas kepatutan, sehingga membuat keadilan untuk rakyat menjadi hilang.

“Hal-hal ini menjadi agenda besar yang akan kita cari solusinya ke depan. Bagian dari akselerasi, tentu saja kita tukar pikiran apa-apa yang sebaiknya dilakukan,” jelasnya.

Herzaky juga menyebut, Anies yang dibantu Tim 8 sedang memfinalkan pilihan calon wakil presiden di Pemilu 2024 mendatang.

“Setelah final, kita nanti cari hari baik untuk mengumumkannya. Dalam pertemuan itu kita lebih banyak membahas hal-hal strategis, tidak secara teknis membahas waktu deklarasi,” tutupnya.*

LaporanĀ Merinda Faradianti