4 Tips agar Fokus Bekerja Sepanjang Hari

Ilustrasi bekerja
Ilustrasi bekerja | ist

FORUM KEADILAN – ┬áSulit untuk fokus pada pekerjaan, tetapi lebih sulit lagi jika Anda memiliki banyak gangguan.

Gangguan datang ke dalam hidup kita dengan begitu mudah. Dalam praktiknya, bahkan di saat-saat sepi. Misalnya melihat notifikasi media sosial atau breaking news, bisa menjadi gangguan.

Bacaan Lainnya

Meningkatkan fokus dan ingatan Anda dapat mempertinggi produktivitas dan kualitas pekerjaan.

Dengan mempertahankan kewaspadaan, kita dapat membangun realitas sedemikian rupa, sehingga pikiran, motivasi, dan perasaan yang paling relevan dengan tujuan kita dapat menjadi tujuan akhir.

Jadi jika Anda merasa kurang fokus, beberapa tips ini dapat membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi. Cek, yuk.

1. Latih Otak Anda

Kita lebih rentan mengalami kesulitan berkonsentrasi atau lupa ketika tidak bergerak dan menjaga pikiran tetap segar.

Ingat lah untuk berolahraga dan menjaga tubuh Anda tetap bugar.

Selain itu, Anda juga dapat memainkan gim yang dapat membantu meningkatkan konsentrasi. Anda dapat mencoba bermain teka-teki silang atau catur. Pilih gim yang menyertakan pencarian kata.

2. Hilangkan Gangguan

Mengurangi gangguan tidak selalu semudah kedengarannya. Meskipun mungkin sesederhana mematikan televisi atau radio, menghadapi rekan kerja, pasangan, anak, atau teman sekamar yang menyebalkan bisa jauh lebih sulit.

Untuk mengekang atau menghilangkan gangguan internal seperti itu, pastikan Anda cukup istirahat sebelum melakukan aktivitas dan gunakan ide-ide positif untuk melawan ketakutan dan kekhawatiran.

Saat pikiran Anda mengembara dari pikiran yang mengganggu, secara sadar berikan perhatian pada aktivitas Anda.

3. Meditasi

Meditasi bermanfaat karena berbagai alasan. Bisa untuk mengurangi stres, meningkatkan relaksasi dan dapat meningkatkan fokus Anda.

Menurut penelitian, mediasi dapat meningkatkan memori dan kognisi.

Mulai lah pagi Anda dengan sesi meditasi kecil untuk mendapatkan manfaat dari tempat kerja.

Meditasi bisa sesederhana duduk tegak di tempat tidur selama beberapa menit dan fokus pada pernapasan Anda.

4. Tingkatkan Kebahagiaan Anda

Aktivitas fisik, kebiasaan makan, dan berat badan merupakan faktor yang dapat memengaruhi performa dan konsentrasi Anda.

Misalnya, jika Anda melewatkan sarapan pagi, Anda mungkin tidak dapat menyelesaikan tugas Anda dengan sebaik mungkin sebelum tengah hari karena merasa lapar.

Dengan tetap sehat, aktif, dan mengonsumsi makanan yang bergizi, Anda dapat meningkatkan kemampuan untuk fokus.*

Laporan Nanda Nurhikma