Jepang Diguncang Gempa Dahsyat M 6,5, Sedikitnya 1 orang Tewas Lukai 21 Lainnya Luka

Ilustrasi Gempa
Ilustrasi Gempa | ist

FORUM KEADILANGempa bumi dahsyat melanda Jepang tengah pada Jumat, 5/5/2023, menyebabkan sedikitnya satu orang tewas dan 21 lainnya luka-luka. Tim penyelamat mencari orang-orang lain yang terperangkap di bawah reruntuhan bangunan yang ambruk.

Gempa berkekuatan (M) 6,5 melanda wilayah Ishikawa tengah pada pukul 14.42 waktu setempat pada kedalaman 12 km, menurut Badan Meteorologi Jepang. Petugas cuaca memperingatkan warga tentang kemungkinan gempa susulan dan tanah longsor di hari-hari mendatang, tetapi mengatakan tidak ada risiko tsunami.

Bacaan Lainnya

“Ada getaran besar dan panjang yang berlangsung sekitar dua menit. Saya merasa takut karena getarannya terus menerus,” kata seorang pejabat pemerintah daerah di kota Suzu, yang menolak menyebutkan namanya, kepada penyiar publik NHK.

Juru Bicara Pemerintah Hirokazu Matsuno mengatakan kepada wartawan di ibu kota Tokyo bahwa satu orang dilaporkan tewas dan ada “beberapa laporan tentang bangunan yang runtuh”.

Korban jatuh dari tangga, kata seorang pejabat manajemen krisis di Suzu kepada AFP, menambahkan 21 orang lainnya terluka.

Badan penanggulangan kebakaran dan bencana setempat mengatakan setidaknya tiga bangunan telah hancur dengan dua orang terperangkap di dalamnya.

Satu telah ditarik dari puing-puing dan dikirim ke rumah sakit dan penyelamat sedang mencari yang lain.

Rekaman NHK menunjukkan rumah kayu tradisional hancur atau miring dengan jendela pecah dan atap rusak. Dalam bidikan udara, lereng gunung terlihat runtuh.

Jumat adalah hari libur umum di Jepang, bagian dari hari libur yang dikenal sebagai “Golden Week”, saat banyak orang bepergian untuk bersantai atau mengunjungi keluarga.*