Viral Kakek Nenek Jalan Kaki di Tol Cisumdawu, Ngaku Tak Punya Ongkos

Viral pasangan lansia nyasar jalan kaki ke jalan Tol | ist
Viral pasangan lansia nyasar jalan kaki ke jalan Tol | ist

FORUM KEADILAN – Viral sebuah video yang menunjukkan pasangan lansia sedang berjalan menyusuri ruas jalan Tol Cisumdawu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Sontak, polisi yang berjaga di Pos Terpadu Polres Sumedang, tepatnya di Kawasan Karapyak, Kecamatan Sumedang Utara, menghampiri pasangan lansia tersebut. Polisi lalu mengarahkan jalan yang bisa dilewati pejalan kaki.

Bacaan Lainnya

“Enya wios, wios, ka Cisugan mah ka palih ditu nya, da ka palih dieu mah moal aya angkot (iya tidak apa-apa, tidak apa-apa ke Cisuganmah ke arah sana karena ke arah sini tidak akan ada angkutan kota),” ujar polisi sambil terus memapah lansia tersebut.

“Oh punten bapak, nuhun nya bapak (oh maaf ya bapak, terima kasih ya bapak),” jawab sang nenek.

Kasi Humas Polres Sumedang AKP Dedi Juhana mengatakan, peristiwa itu terjadi Selasa, 25/4/2023 pukul 11.00 WIB.

Pasangan lansia itu diketahui bernama Ojo Sujono (77) dan Halimah (76). Mereka merupakan warga Jatihurip, Kecamatan Sumedang, Jawa Barat.

“Kejadiannya di Kawasan Karapyak, jadi kakek-nenek itu berjalan menuju ke arah gerbang masuk Tol Cisumdawu. Awalnya saat ditanya kepada sang kakek, mereka itu mau ke Jatihurip dari Rancakalong, tapi, masih kata sang kakek, mereka saat itu mau pulang ke Rancakalong” kata Dedi kepada wartawan, Kamis, 27/4.

“Namun menurut anggota keluarganya, rumah kakek-nenek itu sebenarnya di Jatihurip dan mau ke rumah anaknya yang berada di Cisugan (salah satu perkampung di Kecamatan Rancakalong),” tambah Dedi.

Pasangan lansia tersebut pada akhirnya diantar menggunakan mobil polisi. Sebab, lansia tersebut mengaku tidak punya uang.

“Pas saya tanya kepada petugas, kenapa kakek-nenek itu sampai jalan kan angkot banyak, ternyata mereka tidak punya uang, mereka lalu diberi uang dan diantar dengan mobil Humas Polres Sumedang,” ucap Dedi.*