Mudik Lebaran 2023, Polri Tetap Terapkan Tilang Elektronik (ETLE)

ETLE tilang Elektronik
Ilustrasi kamera pengawas atau CCTV sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). | ist

FORUM KEADILAN Polri akan tetap menerapkan tilang elektronik atau ETLE di setiap titik yang terpasang kamera pengawas pada masa mudik Lebaran 2023.

Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri Brigjen Pol Ery Nursatari mengatakan bahwa penerapan ETLE ini menjadi salah satu cara agar masyarakat tertib berlalu lintas saat mudik guna meminimalisir kecelakaan.

Bacaan Lainnya

“Kalau ini tetap berlaku, kita memberi pelajaran ke masyarakat tidak ada toleransi untuk ini. Jadi ini justru kita perketat supaya mereka juga sadar bahwa pada saat sibuk-sibuknya mudik ya jangan sampai melanggar, jadi ETLE tetap hidup,” ucap Ery, Selasa, 11/4/2023.

Ery juga mengimbau masyarakat agar selalu berkendara dengan aman saat melakukan perjalanan mudik. Dia menekankan bagi pemudik yang menggunakan motor agar membawa muatan berlebih karena berisiko membahayakan diri sendiri dan orang lain.

“Hati-hati para pengguna jalan, boncengan tiga, lebih penumpang, segala macam nanti akan dibidik ETLE, bukan nakut-nakutin, tapi sistem [ETLE] berjalan,” ujarnya.

Polri menggelar Operasi ketupat untuk pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2023 pada 18 April hingga 1 Mei 2023.

Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa operasi ini akan dilaksanakan terpusat dan seluruh wilayah kepolisian.

Listyo juga memastikan akan melakukan evaluasi saat volume kendaraan padat yang berpotensi menimbulkan kemacetan. Kapolri mengatakan, skenario mulai dari ganjil genap sampai dengan contraflow dan one way disiapkan untuk memecah kepadatan lalu lintas. Skema ini akan diterapkan mulai dari mulai dari Cikampek sampai Kalikakung.

Lalu, pada arus sebaliknya dan kemudian jalur yang ada di Jawa Barat mengarah ke Jakarta dan Jakarta mengarah Jawa Barat.*