Kalau tak Mau Kehabisan, Sebaiknya Pemudik Tidak Beli Tiket Penyeberangan di Pelabuhan

Ilustrsadi pemudik naik ke kapal. | Ist
Ilustrsadi pemudik naik ke kapal. | Ist

FORUM KEADILAN – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengimbau masyarakat yang akan mudik menggunakan kapal ferry harap membeli tiket penyeberangan jauh-jauh hari. Sebab, ASDP tidak bisa memberi jaminan tiket masih tersedia atau tidak pada saat puncak arus mudik pada Rabu 19 April 2023.

“Mau berangkat pas tanggal 19 dan 18 ambil tiket, sekarang jangan harap. Penjualan tiket sudah naik terus. Kemudian apakah H-1 masih ada tiket? Saya tidak jamin,” ujar Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin, Selasa, 11/4/2023.

Bacaan Lainnya

“Jadi saya imbau pengguna jasa, tidak saya sarankan untuk go show,” tambahnnya.

Dia meminta para pemudik untuk merencanakan keberangkatan dengan tepat. Kemudian pengguna jasa penyeberangan kapal ferry khususnya di lintas Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk diwajibkan membeli tiket Lebaran mulai dari sekarang, karena tiket sudah dapat dipesan melalui aplikasi dan web Ferizy sejak H-60 sebelum keberangkatan.

“Jadi, untuk tiket Lebaran pada akhir April 2023 nanti, sudah bisa dibeli dari sekarang baik via aplikasi atau website Ferizy. Calon pemudik harus sudah mulai rencanakan jadwal berangkat, minimal H-1 sudah bertiket,” tutur Shelvy.

Demi kenyamanan para pemudik dimohon agar tidak membeli tiket di calo. Selain online, pemudik dapat membeli tiket di gerai retail seperti Alfamart, Indomaret, Agen BRILink, dan lainnya. Sementara, pembayaran tiketnya dapat dilakukan melalui cara transfer antarbank, e-wallet, gerai retail, internet banking, dan lainnya.

“Para pemudik diharapkan mengisi data diri untuk manifest dengan lengkap dan benar, jangan gunakan data diri orang lain. Pastikan data penumpang dan kendaraan tercatat, supaya terlindungi asuransi penyeberangan,” ujar Shelvy.

Pengguna jasa yang telah membeli tiket, diminta mengatur waktu di hari H keberangkatan agar tidak terlambat dengan melakukan check in dua jam sebelumnya. Tiket pun akan hangus atau tidak berlaku jika melewati waktu jadwal masuk pelabuhan. Apabila tiba di pelabuhan belum bertiket, maka kendaraan akan diputar balik keluar pelabuhan.*