Graham Potter Didepak Chelsea, Berikut 5 Calon Nakhoda Baru The Blues

Graham Potter akhirnya dipecat oleh Chelsea menyusul kekalahan 0-2 di Stamford Bridge dari Aston Villa, Sabtu (1/4) | (Photo by DeFodi Images via Getty Images)

FORUM KEADILAN – Chelsea akhirnya resmi mendepak Graham Potter beberapa jam lalu menyusul kekalahan kandang The Blues 0-2 dari Aston Villa pada lanjutan Liga Premier Inggris akhir pekan kemarin.

Pelatih asal Inggris tersebut hanya bertahan selama enam bulan sebagai manajer Chelsea setelah sebelumnya menggantikan Thomas Tuchel yang juga dipecat pada September tahun lalu.

Bacaan Lainnya

Potter yang sebelumnya sukses menangani Brighton and Hove Albion dianggap tidak mampu memperbaiki performa klub asal London Barat itu sepeninggal Tuchel, dan saat ini justru tersungkur di posisi ke-11 klasemen sementara Premier League.

Prosentase kemenangan Chelsea hanya 38,7% dibawah kendali Potter. Dari 31 laga selama memimpin enam bulan, ia membukukan 12 kemenangan, 8 seri dan 11 kekalahan. Ini tentu bukanlah statistik yang baik untuk klub sekaliber Chelsea.

Poin plus dari masa jabatan singkat Potter adalah ia sukses membawa Chelsea ke perempat final Liga Champions musim ini, di mana mereka akan menghadapi Real Madrid pekan depan.

Beberapa nama besar santer disebut akan mengisi pos yang ditinggalkan Graham Potter. Diantaranya adalah Antonio Conte, Zinedine Zidane, Luis Enrique, Mauricio Pochettino sampai Julian Nagelsmann.

Nama terakhir di favoritkan untuk menjadi nakhoda baru The Blues walaupun Tottenham Hotspur di waktu yang sama juga sedang melakukan pendekatan.

Untuk sementara waktu, Chelsea telah mengumumkan bahwa asisten Potter, yaitu Bruno Saltor akan mengambil alih kepemimpinan sebagai manajer interim sampai Chelsea mendapatkan manajer yang baru.

Tugas berat langsung menanti Saltor di depan mata kala Chelsea akan menjamu Liverpool di Stamford Bridge pada Rabu dini hari WIB.