Isu Reshuffle Kabinet Usai Menpora Zainudin Mundur, PKB Pertanyakan Urgensinya

Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid
Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid | Merinda Faradianti/forumkeadilan.com

FORUM KEADILAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan akan melakukan perombakan pada Kabinet Indonesia Maju. Reshuffle akan dilakukan dalam waktu dekat menyusul kosongnya kursi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mempertanyakan urgensinya pergantian Menpora tersebut.

Bacaan Lainnya

“Kalau saya pribadi, reshuffle itu hak prerogatif presiden dan tidak bisa cepat-cepat juga dilihat dari situasi. Salah satunya Menpora, kan sekarang ada peran Plt di tengah masalah ini,” kata Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid saat ditemui di The Akmani Hotel, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 30/3/2023.

Menurut Jazilul, gagalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 tidak bisa dijadikan alasan untuk buru-buru mencari Menpora.

“Apa perlu buru-buru toh olahraga nya sudah gagal. Cuma dibutuhkan secepatnya atau nggak di tengah gagalnya isu Piala Dunia ini apalagi. Saya catat belum pernah ada reshuffle di bulan Ramadan, kalau di Rabu iya,” kelakarnya.

Sebelumnya, pada 9 Maret 2023, Zainudin Amali secara resmi tak lagi menjabat sebagai Menpora setelah surat pengunduran dirinya diterima Presiden Jokowi.

Amali mengundurkan diri setelah terpilih sebagai Wakil Ketua Umum I Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) pada Kongres Luar Biasa PSSI Februari 2023. Dia mengaku mundur karena ingin fokus mengurus PSSI.*

Laporan Merinda Faradianti