Gudang Pasar Induk Beras Cipinang Kebakaran, Bapanas Pastikan Pasokan Beras Aman

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi saat meninjau lokasi kebakaran di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jakarta Timur
Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi saat meninjau lokasi kebakaran di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jakarta Timur | Novia Suhari/forumkeadilan.com

FORUM KEADILAN – Kepala Badan Pangan Nasional Republik Indonesia (Bapanas) Arief Prasetyo Adi meninjau lokasi kebakaran di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jakarta Timur (Jaktim), Rabu, 22/3/2023.

Arief bersama Direktur Utama BUMN Holding Pangan ID FOOD Frans Marganda Tambunan serta Direktur Utama BUMD Food Station Pamrihadi Wiraryo itu guna memastikan kondisi memastikan kondisi terkini di PIBC.

Bacaan Lainnya

Arief mengatakan, kondisi ketersediaan beras dan aktivitas perdagangan di PIBC tetap aman dan berjalan normal.

“Sudah kita lakukan pengecekan, beras pedagang serta 5.000 ton beras BULOG yang dikelola Food Station aman, karena yang terbakar gudang packaging,” ujarnya.

Arief mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir, kondisi beras di PIBC dipastikan aman serta tidak mengganggu distribusi beras untuk DKI Jakarta dan sekitarnya.

“Aktivitas perdagangan dan pendistribusian beras jelang Ramadan dan hari Kamis besok juga dipastikan tetap berjalan normal dan tidak mengalami gangguan,” tegasnya.

Arief mengaku lega ketika mengetahui bahwa tidak ada korban jiwa dan tak ada beras yang ikut terbakar. Artinya tidak ada beras yang terbuang, mengingat saat ini stok beras di PIBC berupaya untuk ditingkatkan.

Arief berpesan agar kejadian ini menjadi pelajaran yang berharga, sehingga ke depannya para pihak baik pedagang, pengelola, maupun konsumen sama-sama bisa menjaga keamanan kerja di lokasi PIBC.

Arief juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas aksi cepat pemadam kebakaran dalam memadamkan api, sehingga tidak berdampak luas.

Sebelumnya, sebuah gudang milik Food Station Tjipinang Jaya yang berlokasi di Jalan Pisangan Lama Timur, Kelurahan Pisangan Timur, Kecamatan Pulogadung, Jaktim, kebakaran, Selasa, 21/3.

Lokasi gedung tersebut, titik kenalnya adalah Pasar Induk Cipinang. Kasiops Sudin Damkar Jaktim Gatot Sulaeman menjelaskan, pihaknya menerima kabar kebakaran itu pukul 12.31 WIB.

Sebanyak 21 unit mobil beserta 105 personel damkar dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan si jago merah. Per pukul 13.34 WIB, api dapat dilokalisasi agar tidak terjadi perambatan ke bangunan ataupun objek lain di sekitar gudang tersebut.

Gatot mengatakan kebakaran itu disadari saat para pekerja melihat asap. Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut.

Luas area yang terbakar sekitar 1.500 meter persegi. Kebakaran gudang milik Food Station Tjipinang itu diperkirakan menimbulkan kerugian sekitar Rp1,5 miliar.

Laporan Novia Suhari