Menhub Sebut Titik Krusial Kepadatan Tol Saat Mudik Lebaran 2023

Menteri Perhubungan singgung soal kepadatan titik lokasi di mudik Lebaran 2023
Menteri Perhubungan singgung soal kepadatan titik lokasi di mudik Lebaran 2023

FORUM KEADILAN – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya  Sumadi mengungkapkan sejumlah titik krusial kepadatan kendaraan selama mudik Lebaran 2023.

Hal itu ia utarakan ketika Rapat Koordinasi terkait persiapan sarana dan prasarana angkutan Lebaran 2023 pada Minggu, 19/3/2023.

Bacaan Lainnya

“Bahwa riset kita nomor satu titik krusial (Tol) Cipali,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan bahwa akan terjadi lonjakan pergerakan kendaraan roda empat di jalur Jakarta ke arah Cikampek, Cipali sampai ke Semarang, Jawa Tengah.

Kepadatan kendaraan itu bahkan diprediksi akan meningkat dibanding momen mudik Lebaran tahun 2022 lalu.

Selain Menhub, pihak Jasa Marga juga memprediksi jumlah kendaraan yang akan melintas di empat gerbang tol utama yaitu Cikupa, Ciawi, Cikampek Utama dan Kalihurip Utama, juga akan lebih tinggi dibandingkan mudik Lebaran 2022 lalu.

Dengan tingginya prediksi lonjakan kendaraan di jalur tol ke arah Semarang, Kemenhub akan terus berkoordinasi intensif dengan Korlantas Polri, Kementerian PUPR, Badan Pengatur Jalan Tol, Jasa Marga, dan unsur terkait lainnya.

Tujuannya menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas seperti, contra flow, one way, pembatasan angkutan barang, dan lain sebagainya.

Upaya lainnya yang dilakukan adalah menambah dan meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana jalan seperti perbaikan dan pelebaran jalan, penambahan rest area, penambahan marka jalan dan fasilitas jalan lainnya.*