Riset Kemenhub: 123 Juta Orang Bakal Mudik pada Lebaran 2023

Tanjung Priok
Ilustrasi keramaian pemudik di terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Priok. | Antara

FORUM KEADILAN – Setiap tahun, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan riset untuk mengetahui jumlah pemudik yang akan melakukan perjalanan mudik. Berdasarkan riset tersebut, sebanyak 123 juta orang bakal mudik pada Lebaran 2023.

Menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, riset yang dilakukan Kemenhub menjelang arus mudik 2023 itu menunjukkan kenaikan signifikan jumlah pemudik dibanding tahun lalu.

Bacaan Lainnya

“Setiap pelaksanaan mudik, Kementerian Perhubungan melakukan riset. Riset yang kita lakukan jumlah sekarang ini naik signifikan, dari 85 juta naik menjadi 123 juta (pemudik),” ujar Budi usai melakukan tinjauan di Pelabuhan Merak, Sabtu, 11/3/2023.

Menurut hasil riset Kemenhub, 123 juta pemudik mayoritas menggunakan mobil pribadi dan sepeda motor.

Untuk itu, Kemenhub berkoordinasi dengan beberapa stakeholders guna mengantisipasi lonjakan pemudik Lebaran 2023.

“Dari 123 juta itu didominasi oleh angkutan darat, roda 4 dan roda 2. Untuk roda 4 sekarang ini kita koordinasi dengan Pak Gubernur, Korlantas, dan BUMN. Insyaallah apa yang dilakukan di sini jauh lebih baik dari tahun lalu,” ujar Budi.

Menhub Minta Warga Tak Mudik Menggunakan Motor

Pemudik sepeda motor diprediksi masih mendominasi angkutan mudik tahun ini.

Budi mengimbau, agar pemudik sepeda motor mengurungkan niatnya untuk mudik menggunakan sepeda motor lantaran rawan kecelakaan.

“Tetapi angkutan kedua menggunakan sepeda motor dengan kerendahan hati saya mengimbau kepada saudara-saudaraku, tidak menggunakan motor untuk mudik, karena menggunakan motor berbanding lurus dengan tingkat kecelakaan yang ada,” ujar Budi.*