Bendung Katulampa Siaga 4, Warga Bantaran Sungai Diimbau Waspada

Bendung Katulampa Bogor. | ist
Bendung Katulampa Bogor. | ist

FORUM KEADILANBendung Katulampa Bogor mengeluarkan status Siaga IV. Hal ini lantaran Tinggi Muka Air (TMA) Sungai Ciliwung meningkat hingga 70 cm akibat hujan deras yang mengguyur kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat (Jabar) siang tadi, Minggu, 26/2/2023.

“Ketinggian air per pukul 16.00 WIB, 70 centimeter. Status Siaga IV,” kata petugas jaga kantor Bendung Katulampa Bogor, Zaenudin, Minggu sore, 26/2.

Bacaan Lainnya

Zaenudin mengatakan, debit Sungai Ciliwung mulai naik sejak pukul 08.00 WIB, yaitu dengan ketinggian air 60 cm. Kemudian, sempat turun menjadi 50 cm pada pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB. Namun, kembali naik jadi 60 cm pada pukul 14.00 WIB.

“Kemudian air mulai naik lagi jam 15.30 WIB, ketinggian 70 sentimeter. Ini mungkin akibat hujan tadi siang, airnya baru sampai sini (Bendung Katulampa),” terang Zaenudin.

Hujan yang merata di kawasan Bogor, terutama di sekitar aliran Sungai Ciliwung, kata dia, berpeluang meningkatkan debit air sungai saat tiba di hilir.

“Kalau di hilir airnya tinggi, kemungkinan besar karena ada limpahan dari kawasan tengah (kawasan Kota Bogor dan sebagian Kabupaten Bogor), karena hujannya memang merata ya. Terus ditambah aliran air dari drainase juga memengaruhi debit sungai,” jelasnya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau warga di sekitar bantaran sungai dan daerah langganan banjir, tetap waspada terhadap dampak hujan deras dan peningkatan debit sungai. *