Kronologi Petugas Satpol PP Ditusuk Pedagang Kopi di Bundaran HI

Tangkapan layar video penangkapan pelaku penusukan Sat Pol PP di Bundaran HI. | @merekamjakarta
Tangkapan layar video penangkapan pelaku penusukan Sat Pol PP di Bundaran HI. | @merekamjakarta

FORUM KEADILAN – Aksi penusukan dilakukan pedagang kopi keliling (starling) kepada seorang petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Jakarta, di kawasan Bundaran HI Jakarta, pada Kamis, 23/2/2023, pukul 11.30 WIB.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan, peristiwa itu bermula saat anggota Sat Pol PP menghalau pedagang kopi yang berjualan di jalan melawan arus.

“Tadi sekitar jam 11.30 WIB kami dapat informasi ada anggota kami yang pada saat bertugas menghalau pedagang sepeda kopi keliling,” kata Arifin melalui akun Instagram @satpolpp.dki, Kamis, 23/2.

Pedagang kopi itu didapati berjualan di jalan yang melawan arus, sehingga ditegur oleh petugas Satpol PP.

“Arus jalan dari arah Patung Kuda-Monas, menuju ke arah Bundaran HI tapi jalurnya melawan arus,” jelas Arifin.

Pada saat anggota Satpol PP menegur, pedagang tersebut diduga tidak terima, lantas melakukan tindak kekerasan. Menurut Arifin, saat itu petugas hanya mengingatkan pedagang tersebut, bukan melakukan penindakan.

“Tidak kriminalitas, ya karena petugas ini sesungguhnya dalam posisi mengingatkan, bukan sedang dalam posisi penindakan, hanya menghalau,” terangnya.

“Tiba tiba yang bersangkutan melakukan penyerangan, menyerang anggota yang awalnya menggunakan tusukan es,” lanjutnya.

Namun, upaya penyerangan menggunakan tusukan es gagal. Namun, pedagang tak berhenti sampai di situ. Dia lalu mengambil gunting dan menyerang petugas Sat Pol PP bernama Bagus R Wahyudi hingga menyebabkan luka serius.

“Tangan kiri di bawah sikut itu tertusuk dari depan tembus ke belakang,” kata dia.

Pelaku penusukan sudah tertangkap dan dibawa ke Polsek Menteng, sementara korban sedang dalam perawatan di RSCM.

“Dia kondisinya lemah, kemudian tadi juga sudah muntah-muntah. Darahnya banyak juga yang keluar dan sementara sudah dilakukan pemeriksaan,” terang Arifin.

Sat Pol PP DKI Jakarta akan membawa kasus ini ke jalur hukum. Langkah ini diambil agar tak ada lagi yang melakukan kekerasan terhadap anggota yang menjalankan tugasnya.

Video penangkapan pelaku penusukan itu banyak beredar di media sosial, salah satunya Instagram @merekamjakarta. Peristiwa itu disaksikan banyak orang. Terlihat dua petugas Sat Pol PP cukup kewalahan ketika hendak melumpuhkan pelaku. Seorang pengemudi ojek online terlihat berusaha membantu.

Hingga akhirnya pelaku berhasil ditekuk, dan diamankan ke pos polisi Bundaran HI. Sementara korban tampak terbujur lemas di dalam halte dengan darah berceceran di sekitarnya. *