Cara Hitung Kebutuhan Lampu di Rumah Agar Hemat Listrik

Ilustrasi memasang bola lampu. | depositphotos
Ilustrasi memasang bola lampu. | depositphotos

FORUM KEADILAN – Dalam sebuah hunian, lampu dan pencahayaan sangat berpengaruh terhadap estetika, fungsi, dan pengeluaran anggaran pemiliknya. Namun ternyata, bola lampu memengaruhi 25-30 persen dari tagihan listrik bulanan.

Oleh karena itu, anda harus bisa menyesuaikan dan mengetahui kebutuhan lampu di rumah, agar tagihan listrik tidak membengkak.

Berikut ini beberapa faktor yang harus anda ketahui untuk menghitung kebutuhan lampu, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Luas ruangan

Semakin besar ruangan di rumah anda, maka semakin banyak pula penerangan yang dibutuhkan. Sehingga, bola lampu yang dibutuhkan pun perlu daya yang besar.

2. Warna dinding

Kalau anda memiliki warna rumah atau ruangan yang terang, maka otomatis tidak membutuhkan banyak lampu. Lain halnya dengan warna dinding yang spektrum gelap.

3. Fungsi ruangan

Fungsi ruangan ternyata juga sangat memengaruhi kebutuhan penerangan. Karena akan berdampak pada perhitungan kebutuhan lampu dalam ruangan.

Misalnya, ruang kerja, maka butuh pencahayaan lampu yang lebih baik, sehingga lampu yang dibutuhkan relatif lebih banyak dan daya lebih besar.

4. Jenis lampu

Setiap jenis lampu biasanya memiliki ukuran pencahayaan dan daya yang berbeda. Banyak sekali jenis lampu yang bisa kalian gunakan untuk sebuah ruangan yang sesuai dengan kebutuhan.

5. Pencahayaan lampu

Semakin terang cahaya yang dihasilkan sebuah lampu, maka akan sedikit pula lampu yang dibutuhkan untuk penerangan ruangan yang maksimal.

Demikian beberapa faktor yang harus anda ketahui untuk menghitung kebutuhan lampu. Semoga bermanfaat. *