Kenali 4 Jenis Masker Wajah Beserta Fungsinya

Sheet Mask
Sheet Mask/ist

FORUM KEADILAN – Masker wajah menjadi salah satu produk perawatan kulit yang banyak digunakan.

Masker wajah hadir dalam berbagai bentuk, ada yang dibilas seperti clay mask, dan ada yang ditempel seperti sheet mask.

Bacaan Lainnya

Masker wajah umumnya diformulasikan untuk tipe kulit yang berbeda. Biar nggak bingung milih masker wajah yang pas buat kulit kamu, yuk simak jenis-jenis masker di bawah ini!

1. Clay Mask

Clay mask terbuat dari berbagai jenis tanah liat. Masker jenis ini dipercaya bisa menyerap minyak dan bakteri, sehingga dapat membuat kulit pengguna lebih bersih.

Masker ini lebih cocok untuk pemilik kulit berminyak dan acne-prone. Clay mask bekerja seperti magnet, yang dapat mengeluarkan racun dari pori-pori ketika dicampur dengan air.

Sifat bak magnet itu bisa terjadi karena tanah liat di dalam clay mask biasanya memiliki pH negatif, sedangkan kulit kita memiliki pH sedikit positif. Jadi ketika dioleskan, clay mask akan bersifat seperti magnet dan menarik minyak dan kotoran.

2. Peel Off Mask

Masker peel off memberikan pembersihan yang intens. Kamu tinggal oleskan ke kulit, lalu diamkan beberapa saat, setelahnya dikupas.

Masker jenis ini lebih cocok untuk mereka yang punya kulit berjerawat atau pori-pori besar.

3. Sheet Mask

Sheet masks merupakan masker lembaran yang terbuat dari bahan serat alami. Sheet mask dikemas dengan kandungan serum di dalamnya.

Umumnya sheet mask digunakan untuk memberi kelembapan ke kulit secara cepat. Namun setiap sheet mask biasanya punya fungsinya sendiri, tergantung bahan kandungan di dalamnya.

Misalnya sheet mask mengandung tea tree oil untuk kulit berjerawat, dan sheet mask yang mengandung vitamin C untuk mencerahkan kulit.

4. Sleeping Mask

Sleeping mask adalah masker yang setelah dipakai kamu biarkan semalaman untuk memberikan nutrisi ekstra pada kulit. Jadi tidak perlu dibilas.

Masker jenis ini umumnya punya tekstur yang ringan, sehingga nyaman dibawa tidur. Sleeping mask umumnya cocok untuk mereka yang kulitnya kering dan butuh kelembapan ekstra.

Itu dia jenis-jenis masker wajah. Semoga informasinya bermanfaat!*