Zainudin Amali dan Yunus Nusi Jadi Wakil Ketum PSSI

Zainuddin Amali dan Yunus Nusi.
Zainuddin Amali dan Yunus Nusi. | Ist

FORUM KEADILANZainuddin Amali dan Yunus Nusi terpilih menjadi Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia  (PSSI) 2023-2027. Sedangkan Ratu Tisha gagal terpilih. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) tersebut unggul tipis dari Yunus Nusi.

Zainudin Amali mendapatkan total 66 suara dari hasil pemungutan suara Calon Wakil Ketua Umum (Cawaketum) PSSi periode 2023-2027. Sedangkan Yunus Nusi hanya tertinggal tiga suara di belakangnya.

Bacaan Lainnya

Ratu Tisha berada di urutan ketiga dengan raihan total 41 suara. Dengan demikian, maka posisi Waketum PSSI akan diisi oleh Zainudin Amali dan Yunus Nusi untuk periode 2023-2027.

Zainudin Amali dan Yunus Nusi akan mendampingi sang Ketua Umum terpilih, Erick Thohir. Eks Presiden Inter Milan itu sukses mengalahkan LaNyalla Mattalitti dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSi yang dilaksanakan Kamis, 16/2/2023, siang WIB.

Erick Thohir meraih total 64 suara dari 86 orang voters, sedangkan LaNyalla Mattalitti mendapatkan 22 suara. Sedangkan dua nama lainnya, yaitu Doni Setiabudi dan Arif Putra Wicaksono gagal mendapatkan suara satu pun.

Sebenarnya, ada lima Caketum yang bersaing pada awalnya. Namun, Fary Djemy Francis mengundurkan diri pada Rabu 15 Februari 2023, hanya sehari menjelang KLB PSSI.

Kini, KLB PSSI tinggal menunggu selesainya pemungutan suara Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Ada total 54 calon Exco dalam daftar, namun hanya 12 di antara mereka yang bakal terpilih untuk masuk dalam kepengurusan.*