KPPU Antisipasi Penimbunan Sembako

KPPU sebut penimbunan MinyakKita merata di Indonesia
KPPU sebut penimbunan MinyakKita merata di Indonesia

FORUM KEADILAN – Tak hanya minyak goreng, KPPU menyebut kemungkinan adanya penimbunan sembako jenis lain di Indonesia.

Menurut Direktur Ekonomi Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Mulyawan, kelangkaan akibat penimbunan beberapa jenis sembako bisa saja terjadi.

Bacaan Lainnya

“Kemungkinan (penimbunan) itu ada, karena ada kenaikan permintaan itu bisa ditangkap oleh semua distributor, dan sinyal kenaikan harga, tapi beberapa niat kurang baik seperti penimbunan sangat disayangkan,” kata Mulyawan kepada tim Forum Keadilan, Rabu, 15/2/2023.

Untuk mencegah penimbunan, KPPU bekerja sama dengan beberapa otoritas perdagangan daerah guna melakukan pengawasan.

“Oleh karena itu kita melakukan peningkatan penegakan hukum dan juga pengawasan di setiap wilayah, di tempat distribusi, pasar induk, dan UU pendistribusian. Informasi tentang jaminan persediaan stok di setiap daerah harus dimiliki oleh pemerintah, agar tau salah diproduksinya atau pendistribusiannya,” ujar Mulyawan.

Langkah tersebut disebut Mulyawan efektif agar kasus penimbunan bahan sembako bisa langsung di atasi oleh Satgas Pangan yang bekerja sama dengan KPPU.

Sebelumnya, kasus penimbunan sembako kembali terjadi di Indonesia. Kali ini, penimbunan minyak goreng merek MinyakKita.

Penimbunan stok minyak goreng ini disebut terjadi secara merata di seluruh Indonesia.

“Cukup banyak sih sebenarnya, tadi saya mendapatkan informasi hampir semua provinsi, seperti Sumatera Utara, Lampung. Sekarang semua Kanwil melaporkan terjadi kasus penimbunan,” kata Mulyawan.

Mulyawan juga menjelaskan, dalam kasus penimbunan ini paling banyak ditemukan motif penjualan bersyarat, yang artinya jika pengecer ingin membeli MinyakKita, maka mereka juga harus membeli produk minyak yang lain.*

Laporan Novia Suhari