Bawaslu Gelar Siaga Pengawasan Satu Tahun Menuju Pemilu 2024

Bawaslu Gelar Siaga Pengawasan Satu Tahun Menuju Pemilu 2024
Bawaslu Gelar Siaga Pengawasan Satu Tahun Menuju Pemilu 2024/Mohammad Arfan Fauzi

FORUM KEADILAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menggelar siaga pengawasan satu tahun menuju pemilu 2024 di lapangan parkir kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Selasa, 14/2/2023 malam.

Acara ini dihadiri ketua Bawaslu, anggota Bawaslu, Dewan Pers, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Komisi Pemilihan Umum (KPU), pimpinan partai politik, kepolisian,  jurnalis, LSM, serta beberapa organisasi mahasiswa.

Bacaan Lainnya

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mengatakan, acara ini dilaksanakan tepat satu tahun sebelum pemilu 2024 agar semua lapisan masyarakat bersiap siaga.

“Acara ini merupakan sebuah kesiapan dan kesiagaan Bawaslu. Tentu kami mengharapkan dukungan dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta. Dengan begitu pemilu tahun depan bisa berjalan lancar,” kata Rahmat.

Rahmat mengatakan, Bawaslu sudah melakukan langkah-langkah pendukung kesuksesan pemilu 2024, seperti diluncurkannya aplikasi mobile “Jariku Jarimu”, yang mana setiap orang bisa mengawasi, melaporkan, dan berpartisipasi dalam pemilu tahun depan.

Ketua Komisi 2 DPR RI Ahmad Doli Kurnia menyampaikan bahwa setiap lembaga penyelenggara pemilu tidak boleh melakukan blunder, kesalahan sekecil apa pun harus bisa diminimalisir.

“Pemilu nanti kita harus cegah hal-hal yang menghancurkan makna dari pemilu itu sendiri. Pemilu di Indonesia ini cukup sulit dibandingkan negara lain, karena banyak variabel di dalamnya. Maka dari itu kita harus membangun stakeholder untuk bersinergi bersama, karena Bawaslu juga punya keterbatasan,” pungkasnya.*

Laporan Mohammad Arfan Fauzi