Korban Tewas Gempa Turki-Suriah Capai 21 Ribu Orang, PBB: Inilah Momen Persatuan

Dampak gempa Turki-Suriah
Dampak gempa Turki-Suriah | Sky News

FORUM KEADILAN – Korban tewas gempa Turki-Suriah yang terjadi pada Senin, 6/2/2023 kini sudah mencai 21.000  orang.

Wakil Presiden Turki Fuat Oktay menyebut bahwa sedikitnya 17.674 orang tewas dan korban luka mencapai 72.879 orang.

Bacaan Lainnya

Sementara itu di Suriah, berdasarkan laporan dari media pemerintah dan organisasi pertahanan sipil White Helmets menyebut korban tewas bertambah menjadi 3.377 orang.

Sedangkan jumlah korban luka mencapai 5.245 orang yang terdiri dari 2.295  orang di wilayah yang dikuasai pemerintah dan 2.950 di wilayah yang dikuasai pemberontak.

Bantuan internasional terus datang ke Turki dan Suriah. Bahkan bantuan untuk Suriah mulai berdatangan di wilayah yang dikuasai pemberontak.

“Rombongan bantuan sudah melintasi perbatasan Turki ke Suriah barat laut yang dikuasai pemberontak pada Kamis lalu dan ini merupakan pengiriman pertama ke daerah itu setelah gempa,” ujar seorang pejabat di penyebrangan Bab al-Hawa seperti dilansir dari AFP.

Penyebrangan langsung dari Turki menjadi cara bagi PBB untuk menjangkau warga sipil terdampak gempa di Suriah tanpa harus melintasi kawasan yang dikuasai oleh pemerintah.

Perang saudara di Suriah yang sudah berlangsung selama satu dekade telah menghancurkan sejumlah fasiilitas umum hingga meruntuhkan ekonomi.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres sudah mendesak Dewan Keamanan untuk megesahkan pembukaan jalur bantuan kemanusiaan yang baru antara Turki dan Suriah.

Kini bantuan hanya bisa mengandalkan penyebrangan Bab al-Hawa sebagai jalur untuk penyebrangan bantuan.

“Inilah momen persatuan, bukan momen untuk mempolitisasi atau memecah belah, jelas bahwa kami membutuhkan dukungan yang besar,” ungkap Guterres.*