Gempa M 5,2 di Jayapura, Restoran Ambruk ke Laut

Bangunan restoran di Jayapura ambruk ke laut saat terjadi gempa Kamis siang, 9/2/2023. | @papuazone

FORUM KEADILAN – Gempa Magnitudo 5,2 melanda Kota Jayapura, Papua, pada Kamis, 9/2/2023, pukul 13:28:02 waktu setempat. Gempa ini mengakibatkan kerusakan pada sejumlah bangunan, bahkan sebuah restoran ambruk ke laut.

Dalam video yang diunggah @Papuazone.id, sebuah bangunan tampak hanya menyisakan bagian atapnya di permukaan laut. Sejumlah orang berdiri di atap bangunan tersebut. Sementara warga lainnya terlihat panik di tepi laut.

Bacaan Lainnya

“Ada orang di dalam, ada orang di dalam,” teriak warga di dalam video tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura Asep Khalid mengatakan, sejauh ini sudah ada laporan empat orang korban tewas akibat gempa tersebut. “Sementara data di kami baru empat yang meninggal,” kata Asep.

Korban tewas tersebut di antaranya dievakuasi dari Restoran Cerita yang ambruk di daerah Ruko Dok II Jayapura.

“Korban merupakan seorang perempuan karyawan Restoran Cerita yang ambruk ke laut saat terjadi gempa sehingga korban tidak bisa menyelamatkan diri,” katanya.

Asep mengatakan, pihaknya sampai saat ini masih terus melakukan pendataan. Menurutnya, tidak tertutup kemungkinan masih ada korban jiwa lainnya.

“Kami lagi kumpulkan data untuk kami laporkan kembali ke pimpinan. Itu (empat orang meninggal) data berdasarkan informasi teman-teman di lapangan,” terang dia.

Asep bilang, korban meninggal itu sudah dievakuasi ke rumah sakit. Sementara korban luka belum bisa dipastikan karena masih dilakukan pendataan.

Melansir laman BMKG, episenter gempa terletak pada koordinat 2,50° LS ; 140,70° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada kedalaman 10 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif,” tulis BMKG.

Kepala Bidang Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip).

“Dilaporkan ada kerusakan pada beberapa bangunan di Jayapura,” kata Daryono.

Dampak gempa hampir dirasakan di seluruh Kota Jayapura. Mulai dari fasilitas umum hingga kantor-kantor pemerintah dilaporkan mengalami kerusakan.*