Jokowi Tegaskan Tak akan Tebang Pilih Kepada Pelaku Korupsi

Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo. | Biro Pers Sekretariat Presiden

FORUM KEADILAN – Presiden Joko Widodo menegaskan dirinya tak akan pernah memberikan toleransi kepada pelaku tindak pidana korupsi.

“Saya tegaskan kembali, saya tidak akan pernah memberikan toleransi sedikit pun kepada pelaku tindak pidana korupsi,” ujar Jokowi ketika menyampaikan keterangan pers di Istana Merdeka pada Selasa, 6/2/2023.

Bacaan Lainnya

Jokowi juga menambahkan bahwa pemerintah berkomitmen untuk memberantas korupsi.

Pemerintah berupaya untuk melakukan pencegahan korupsi dengan membangun sistem pemerintahan dan pelayanan publik yang transparan dan akuntabel.

Salah satunya dengan mengembangkan sistem pemerintahan berbasis elektronik, perizinan online single submission (OSS) dan pengadaan barang dan jasa e-katalog.

Selain itu, pemerintah juga fokus penindakan pelanggaran. Yakni dengan melakukan pengejaran dan penyitaan terhadap aset-aset obligor BLBI yang tidak kooperatif.

Jokowi juga mengimbau kepada penegak hukum untuk memproses tindakan pidana tanpa pandang bulu dan tanpa tebang pilih.

Bahkan Jokowi memberikan contoh apparat penegak hukum yang telah melakukan penindakan tegas terhadap sejumlah kasus mega korupsi seperti Asabri dan Jiwasraya.

Jokowi menegaskan penindakan akan dilakukan untuk kasus-kasus lainnya.

“Pemerintah tidak akan campur tangan terhadap penegakan hukum. Dan aparat penegak hukum harus profesional dan sesuai dengan hukum yang berlaku,” tambahnya.*