Gempa M 7,8 di Turki Tewaskan 15 Orang, Banyak Gedung Rusak

Kerusakan akibat gempa yang mengguncang Turki, Senin, 6/2/2023. | AP

FORUM KEADILAN – Sedikitnya 15 orang tewas akibat gempa bumi Magnitudo (M) 7,8 yang mengguncang Turki, Senin, 6/2/2023. Banyak bangunan rusak dan ambruk karena getaran gempa yang terassa hingga ke Israel dan Suriah itu.

Dikutip dari AFP, Senin, 6/2/2023, para pejabat lokal Turki melaporkan sedikitnya lima orang tewas di Provinsi Osmaniye dan sedikitnya 10 orang lainnya tewas di wilayah Sanliurfa, yang terletak dekat perbatasan Turki dengan Suriah.

Bacaan Lainnya

Jumlah korban tewas diperkirakan masih mungkin bertambah karena banyak gedung yang hancur akibat gempa kuat tersebut.

Laporan televisi lokal, HaberTurk, seperti dikutip Associated Press menyebut sejumlah gedung ambruk di Provinsi Malatya dan Diyarbarkir akibat gempa kuat itu.

Berpusat di Kedalaman 24,1 Km dari Permukaan Bumi

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) sebelumnya melaporkan gempa berkekuatan Magnitudo 7,8 itu berpusat di kedalaman 24,1 kilometer dari permukaan Bumi. Laporan USGS juga menyebut pusat gempa terletak di lokasi berjarak 23 kilometer sebelah timur Nurdagi, Provinsi Gaziantep.

Nurdagi terletak di dekat perbatasan Turki-Suriah, dan berjarak 435 kilometer dari Israel.

Badan Penanggulangan Bencana dan Urusan Darurat Turki, AFAD, mencatat gempa itu berkekuatan Magnitudo 7,4 dan berpusat di kota Pazarcik yang ada di Provinsi Kahramanmaras.

Otoritas Israel, seperti dilansir The Times of Israel, melaporkan bahwa getaran akibat gempa Turki, Senin, 6/2, pagi waktu setempat itu juga dirasakan oleh warga di ibu kota Tel Aviv dan wilayah utara Israel. Di Israel, gempa tercatat mengguncang sekitar pukul 03.17 waktu setempat.

Gempa susulan yang berkekuatan Magnitudo 6,7 dan Magnitudo 5,8 yang dilaporkan mengguncang Turki usai gempa pertama, juga turut dirasakan di Israel.

Getaran Gempa Dirasakan di Beberapa Negara

Menurut Pusat Seismologi Eropa-Mediterania, getaran gempa Turki itu juga dirasakan di beberapa negara lainnya seperti Siprus, Suriah, Lebanon, Yunani, Yordania, Irak dan hingga di negara sejauh Rumania, Georgia, hingga Mesir.

Sementara di Suriah, media pemerintah Suriah melaporkan beberapa gedung di Aleppo dan Hama ambruk akibat gempa yang juga dirasakan warga Suriah itu. Di ibu kota Damaskus, gedung-gedung dilaporkan berguncang dan banyak orang berlarian ke jalanan karena ketakutan.

Otoritas Pertahanan Sipil Suriah, yang merupakan oposisi pemerintah, menyebut situasi di wilayah yang dikuasai pemberontak seperti situasi ‘bencana’ dengan sejumlah gedung ambruk dan orang-orang terjebak di bawah reruntuhan. Otoritas setempat mengimbau warga untuk mengosongkan gedung dan mengungsi ke area-area terbuka.*