Tarif Pas Penumpang Internasional Pelabuhan Batam Naik, Kini Rp100 Ribu

Pelabuhan Batam
Pelabuhan Internasional Batam. | ist

FORUM KEADILAN – Tarif tanda masuk (pas) penumpang Internasional di Pelabuhan Batam, Kepulauan Riau (Kepri), naik menjadi Rp100 ribu, dari sebelumnya Rp65 ribu.

Kepala Biro Humas, Promosi dan Protokol Badan Pengusahaan (BP) Batam Ariastuty Sirait mengatakan, pihaknya belum pernah melakukan penyesuaian besaran pas penumpang Internasional di Pelabuhan Batam sejak 2012

Bacaan Lainnya

Adapun besaran tarif saat ini, kata Sirait, sudah tidak relevan. Sehingga, BP Batam melakukan penyesuaian tarif pas penumpang Internasional seiring dengan peningkatan layanan.

“BP Batam telah melakukan diskusi dan sosialisasi dengan para pengelola Pelabuhan Penumpang Internasional dan operator. Penyesuaian tarif dilakukan dalam rangka upaya peningkatan pelayanan kepada penumpang internasional,” ujar Ariastuty Sirait melalui keterangan tertulisnya, Jumat, 3/2/2023.

Sirait menambahkan, Singapura telah lebih dulu melakukan penyesuaian tarif. Pengelola Terminal Ferry di Singapura sendiri telah menaikkan besaran pass penumpang Internasional dari 7 Dollar Singapura menjadi 10 Dollar Singapura per November 2022.

“Penyesuaian pass penumpang Internasional ini akan diikuti dengan peningkatan kualitas pelayanan yang optimal bagi seluruh pengguna jasa kepelabuhanan. Sehingga kami membutuhkan dukungan semua pihak demi penataan sarana dan prasarana Pelabuhan yang lebih baik lagi,” papar Sirait.

Pelabuhan Internasional Batam sendiri menghubungkan kota Batam dengan pelabuhan HarbourFront, Singapore dan pelabuhan Stulang Laut serta Pasir Gudang di Johor Baru, Malaysia.

Pintu masuk pelabuhan ini juga dapat diakses melalui Mega Mall Batam Center. Terkait pengelolaannya, BP Batam melakukan kerja sama operasi (KSO) dengan PT Synergi Tharada.*