Jokowi Minta PSI Punya Ciri Khas dalam Isu Kemasyarakatan

Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato saat menghadiri perayan HUT ke-8 Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Jakarta, Selasa, 31/1/2023. |
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato saat menghadiri perayan HUT ke-8 Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Jakarta, Selasa, 31/1/2023. | Ist

FORUM KEADILAN – Presiden Joko Widodo mengatakan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) harus punya ciri khas tersendiri dalam mengusung isu-isu kemasyarakatan dan tidak ikut-ikutan membawa isu yang diusung partai lain.

“Jangan mengangkat isu-isu yang tidak disukai anak-anak muda kita. PSI harus memiliki diferensiasi kalau dibandingkan partai-partai lain. Jangan ngikutin mereka. Isunya jangan ngikutin mereka. Jangan jadi follower tapi harus jadi trendsetter-nya. Dapet pasti dapet (kursi di DPR),” ujar Jokowi saat memberikan sambutan pada acara HUT ke-8 Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Jakarta Theater, Selasa 31/1/2023.

Bacaan Lainnya

Presiden menjelaskan soal peluang yang bisa diambil PSI dalam pemilu mendatang. Yakni adanya pemilih berusia 17 tahun dan di bawah 40 tahun yang persentasenya hampir 60 persen dari keseluruhan pemilih di Indonesia.

“Ada 60 persen kurang sedikit. Itu anak-anak muda semuanya. Dan pasar segmen sebesar itu, itulah yang memang harus disasar dan didapatkan oleh PSI dan menurut saya sangat cocok sekali dengan PSI,” tegas Jokowi.

“Bagaimana meraihnya? Tadi sudah disampaikan oleh Bro Giring (Ketua Umum PSI). Jadi saya enggak menyampaikan lagi. Ya itu memang itu yang harus dilakukan. Artinya isu yang mau kita angkat ini harus pas dengan keinginan pemilih 17-39 tahun tadi,” kata Jokowi.

Jangan sampai, lanjut dia, PSI mengangkat isu yang tidak disukai anak-anak muda.

“PSI harus memiliki diferensiasi kalo dibandingkan partai-partai lain,” tambah Jokowi.

Dengan mengambil isu yang berbeda, kata Jokowi, PSI bisa meraih sukses dalam berkontestasi di Pemilu 2024.*