Jokowi Sebut ASEAN Masih Penting di Situasi Global yang Tengah Krisis

Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo. | Tangkapan layar

FORUM KEADILAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Kick Off Keketuaan ASEAN RI 2023. Dia mengatakan saat ini Indonesia menjadi ketua ASEAN di tengah situasi global yang tengah mengalami berbagai krisis.

“Kita telah menjalankan presidensi G20 dengan baik dan tahun ini Indonesia menjadi ketua ASEAN di tengah-tengah situasi global yang sangat tidak mudah. Krisis ekonomi, krisis energi, krisis pangan, semuanya, perang, semuanya, sedang terjadi,” ujar Jokowi dalam sambutannya, di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu, 29/1/2023.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan, dirinya meyakini ASEAN saat ini masih penting dan relevan bagi rakyat dan dunia. Ia menyebut ASEAN akan terus berkontribusi bagi perdamaian hingga menjaga pertumbuhan ekonomi.

“Tetapi saya meyakini bahwa ASEAN masih penting dan relevan bagi rakyat, bagi kawasan dan bagi dunia,” tuturnya.

“Bahwa ASEAN akan terus berkontribusi bagi perdamaian dan stabilitas di Indo-Pasifik, bahwa ASEAN akan terus dapat menjaga pertumbuhan ekonomi dan ASEAN matters epicentrum of growth,” sambung Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut Jokowi tampak didampingi oleh jajaran oleh jajaran menteri kabinet Indonesia Maju, diĀ  antaranya Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menko Polhukam Mahfud Md, Menteri BUMN Erick Thohir hingga Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Pembukaan Kick Off Keketuaan ASEAN RI 2023 ini dilakukan dengan simbolis tabuh Rebana Biang.

Usai menyampaikan sambutan, Jokowi dan para menteri tampak mengambil dan beberapa kali menabuh Rebana Biang tanda dimulainya Kick Off Keketuaan ASEAN RI 2023.*