PDI-P Bakal Evaluasi Gibran Sebelum Jadi Cagub

Gibran Rakabuming Raka
Wali Kota Solo dan Wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka. | Ist

FORUM KEADILAN – Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan partainya akan mengavaluasi kinerja Gibran Rakabuming Raka sebagai Wali Kota Solo  sebelum diputuskan menjadi calon gubernur.

“Apa yang Mas Gibran lakukan, prestasi sebagai Wali Kota Solo, tentu saja menjadi bahan evaluasi dari partai di dalam menentukan tugas-tugas selanjutnya dan itulah yang dilakukan,” kata Hasto saat ditemui di Kantor DPC PDI-P Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat, 27/1/2023.

Bacaan Lainnya

Selain melihat prestasi, kata Hasto, PDI-P juga terus meningkatkan kualitas para kader kepala daerah. Hal itu, lanjut dia, dilakukan PDI-P secara periodik. “Kami terus melakukan upgrading para kepala daerah,” ujarnya.

Akan tetapi, Hasto menegaskan PDI-P belum terfokus pada pengusungan calon kepala daerah untuk tahun 2024. Hal ini karena PDI-P saat ini memilih fokus terlebih dahulu pada persiapan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Setelah itu (Pileg dan Pilpres), baru berbicara Pikada,” kata dia lagi.

Hasto mengaku tak bisa menjawab ditanya soal cocok atau tidaknya Gibran diusung menjadi cagub.

Menurut dia, hal itu akan bisa dinilai oleh rakyat sehingga Gibran diminta fokus dulu mengurus daerahnya dengan mencetak prestasi.

“Yang cocok atau tidak kan rakyat, nanti ada ukurannya, prestasinya bagaimana di Solo, itu yang harus dilakukan terlebih dahulu,” pungkas Hasto.

Sebelumnya, Gibran mengaku belum memutuskan ke mana dia akan melanjutkan karier politiknya.

Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini merespons isu bahwa dirinya digadang-gadang untuk maju pada kontestasi Pilgub DKI Jakarta atau Jawa Tengah (Jateng) 2024.

“Belum memutuskan, ditunggu saja, santai-santai,” ucapnya, Selasa, 24/1/2023.

Dia berterima kasih kepada pihak-pihak yang sudah menilai daerah mana yang pas untuk menjadi pelabuhan politiknya.*