Jenazah Dubes RI di Italia Tiba di Rumah Duka Bantul Malam Ini

Dubes RI untuk Italia Muhammad Prakosa.
Dubes RI untuk Italia Muhammad Prakosa. | Ist

FORUM KEADILAN – Duta Besar (Dubes) RI di Italia Muhammad Prakosa meninggal dunia di Roma, Selasa, 17/1/2023. Sekretaris DPC PDIP Bantul Hanung Raharjo mengatakan, jenazah M Prakosa dijadwalkan tiba di rumah duka di Pedukuhan Gresik, Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Kabupaten Bantul nanti malam.

Hanung mengatakan, jenazah M Prakosa dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno Hatta hari ini sekitar pukul 15.45 WIB. Selanjutnya, jenazah bakal diterbangkan ke rumah duka di Bambanglipuro, Bantul.

Bacaan Lainnya

“Informasi dari keluarga yang kami terima, setelah sampai Soetta (Bandara Soekarno Hatta) jenazah diterbangkan ke Yogyakarta (Bandara YIA) pukul 19.00 WIB. Karena itu diperkirakan sampai Yogyakarta sekitar pukul 20.30 WIB,” kata Hanung,  Senin, 23/1/2023.

Hanung yang juga Ketua DPRD Kabupaten Bantul itu menjelaskan, sesampainya di Yogyakarta International Airport (YIA), jenazah M Prakosa akan dijemput ambulans milik DPC PDI Perjuangan Bantul. Jenazah akan langsung dibawa menuju rumah duka di Bambanglipuro.

Di rumah duka, kata Hanung, jenazah akan disemayamkan selama satu malam. Keesokan harinya, Selasa (24/1), jenazah akan dimakamkan di permakaman keluarga.

“Tempat permakamannya berada di sisi timur kediaman keluarga besar almarhum M Prakosa. Pemakaman diperkirakan setelah salat zuhur,” ujarnya.

Terkait tokoh-tokoh yang bakal hadir melayat, Hanung mengaku belum bisa memastikan. Namun, Hanung menyebut kemungkinan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto bakal hadir.

“Kemungkinan Pak Hasto yang nanti hadir dan kemungkinan juga memimpin proses pemakaman almarhum M Prakosa,” ucapnya.

Dubes RI di Italia, Muhammad Prakosa, meninggal dunia di Roma, Italia.

Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, telah berpulang ke Rahmatullah, Bapak Dubes Muhammad Prakosa pada 17 Januari 2022, pukul 10.55 WS di Roma, Italia,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah kepada wartawan, Selasa, 17/1/2023.*