Resmi Gabung Golkar, Ridwan Kamil Jadi Waketum

Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) resmi bergabung dengan Partai Golkar. | Ist

FORUM KEADILAN Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil secara resmi bergabung ke Partai Golkar dan ditunjuk sebagai Wakil Ketua Umum (Waketum).

Ridwan Kamil mengaku telah ‘melirik’ partai berlogo pohon beringin itu lebih dari 2 tahun.

Bacaan Lainnya

“Sebenarnya, saya tuh sudah ngelirik-lirik Golkar itu sudah lebih dari 2 tahun, tadi saya cerita,” ujar Ridwan Kamil di Kantor DPP Golkar, Jakarta Barat, Rabu, 18/1/2023.

Tapi menuju hari ini tuh, saya sudah bersafari ke semua pihak dan yang paling pas dengan pribadi saya yang hobinya membangun, progresif, itu adalah Partai Golkar,” imbuhnya.

Ridwan Kamil mengungkapkan banyak pihak yang memberikan masukan untuk dirinya bergabung ke Partai Golkar.

Dia mengakui telah meminta masukan dari banyak pihak, salah satunya, Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

“Semua sudah (ditemui), Pak Ginanjar udah, Pak Akbar Tanjung udah, Pak Jusuf Kalla sudah, Pak Ical, Pak MS Hidayat, semua saya datengin. Orang muda harus sopan dengan orang tua, salah satunya berkomunikasi minta masukan,” ungkap Ridwan.

Ridwan menyebut dirinya telah hampir satu dekade ‘duduk’ di bangku eksekutif.

Menurut dia, saat ini adalah waktu yang tepat untuk bergabung ke partai politik.

“Menurut saya sudah saatnya (masuk partai), saya sudah hampir 10 tahun kan di eksekutif, pengalaman itu saya kira bisa jadi manfaat buat Partai Golkar,” tuturnya.

Ridwan Kamil juga mengungkapkan dirinya sudah bukan lagi pegawai negeri sipil (PNS) lantaran sudah mundur dari posisinya yang sebelumnya menjabat sebagai dosen di Institut Teknologi Bandung (ITB).

“Waktu Pilgub, peraturan KPU-nya berubah, semua PNS harus mundur. Maka saya sudah keluar, mundur dari dosen ITB. Jadi saya sudah bukan PNS,” bebernya.

Sebelumnya, Ridwan Kamil telah sah menjadi kader Partai Golkar. Resminya Ridwan Kamil jadi kader Partai Golkar ditandai dengan jas warna kuning yang dikenakannya.

Pengumuman resminya Ridwan Kamil jadi kader Partai Golkar disampaikan langsung oleh Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Dia memastikan Ridwan Kamil telah sah menjadi kader Partai Golkar.

“Pertemuan sore hari ini ini menjadi istimewa karena secara resmi Pak Ridwan Kamil masuk ke Partai Golkar,” kata Airlangga Hartarto saat konferensi pers di DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu, 18/1/2023.*