Menyusul La Nyalla, Erick Thohir Siap Jadi Calon Ketum PSSI

Kebakaran
Erick Thohir. | Ist

FORUM KEADILAN – Erick Thohir dikabarkan bersedia menjadi calon ketua umum Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI). Kesediaan Erick Thohir ikut serta dalam pencalonan ketua umum federasi sepak bola Indonesia itu disampaikan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Hasani Abdulgani.

Hasani Abdulgani mengatakan Erick Thohir akan mengembalikan formulir kesediaan menjadi calon ketum PSSI periode 2023-2027 pada Minggu, 15/1/2023 siang WIB atau bertepatan dengan hari penyelenggaraan Kongres Luar Biasa PSSI.

Bacaan Lainnya

“Besok (hari ini) sekitar pukul 11.00 WIB, Erick Thohir akan mengembalikan formulir kesediaan dicalonkan menjadi ketua umum PSSI ke kantor PSSI lantai 6 GBK Arena, Jakarta,” kata Hasani lewat pesan singkat kepada Antara, Sabtu, 14/1/2023.

Erick Thohir akan dipastikan menjadi orang kedua yang masuk dalam daftar calon ketum PSSI jika benar-benar mengembalikan formulir kesediaan tersebut. Sebelumnya, sudah ada satu nama yang masuk dalam daftar calon ketum PSSI periode 2023-2027, yakni La Nyalla Mattalitti.

La Nyalla Mattalitti pernah menjabat ketum PSSI pada 2015 atau sebelum ada pembekuan dari pemerintah Indonesia yang kemudian berujung sanksi FIFA.

Kini, ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI itu kembali mencalonkan diri sebagai orang nomor 1 di tubuh organisasi PSSI.

La Nyalla dilaporkan telah menyerahkan berkas syarat pendaftaran sebagai calon ketua umum PSSI pada Jumat (13/1/2023). Dia tergerak untuk kembali mencalonkan diri karena merasa masih punya “utang” kepada para pemilik suara atau voter yang mendukungnya menjadi ketua umum pada 2015.

Pada pencalonan kali ini, La Nyalla kemungkinan bakal bersaing dengan Erick Thohir yang sudah memiliki nama besar di dunia olahraga Tanah Air maupun dunia.

Erick Thohir pernah menggelar Piala Presiden 2015 untuk mengisi kekosongan kompetisi akibat sanksi FIFA.

Ketua Umum Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu juga sempat memiliki saham di klub Liga Italia, Inter Milan, sebelum menjualnya pada 2019.

Erick Thohir juga sempat memegang saham mayoritas di klub Liga Amerika Serikat, DC United. Bahkan, dia juga memiliki klub basket NBA Philadelphia 76ers.

Kongres PSSI Di tengah proses pencalonan nama-nama tersebut, PSSI dijadwalkan menggelar Kongres Biasa di Hotel Sultan, Jakarta, pada Minggu, 15/1/2023.

Terdapat sejumlah agenda yang termuat dalam Kongres Biasa PSSI, di antaranya adalah pengesahan laporan aktivitas serta keuangan tahun 2022, rencana program serta anggaran 2023, dan penetapan susunan Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP).

Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi menjelaskan, KP dan KBP nantinya akan bekerja untuk memproses pemilihan ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota komite eksekutif pada Kongres Luar Biasa (KLB).

Adapun Kongres Luar Biasa PSSI rencananya akan digelar pada 16 Februari 2023.*

 

 

banner 468x60