Kebakaran di Bidaracina, Warga Padati Lokasi, Sebagian Panik

Warga Padati lokasi kebakaran
Ratusan warga memadati lokasi kebakaran di Gang Tanjung Lengkong, Bidaracina, Jakarta Timur, Minggu sore, 15/1/2023. | Juwendra Asdiansyah/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Ratusan warga memadati lokasi kebakaran di RT 11 RW 06, Jalan Otto Iskandar Dinata, Gang Tanjung Lengkong, Kelurahan Bidaracina, Jakarta Timur, Minggu sore, 15/1/2023. Kebakaran terjadi sejak pukul 15.00 WIB.

Pantauan FORUM KEADILAN, warga terlihat berkerumun mendekat ke lokasi kebakaran untuk melihat proses pemadaman api yang melahap 5 rumah. Sebagian tampak panik lantaran proses pemadaman sulit karena akses susah.

Bacaan Lainnya

Sementara sebagian lagi membantu memadamkan api dengan alat seadanya. Mereka menggunakan ember-ember, mengangkut air dari rumah warga dan masjid di sekitar lokasi.

Sejauh ini api sudah mulai terkendali. Petugas masih terus menyemprotkan air ke bangunan rumah yang terbakar guna memastikan api betul-betul padam atau disebut proses pendinginan.

Sebelumnya diberitakan, proses pemadaman api terkendala kondisi jalan yang tidak begitu lebar, sehingga mobil pemadam kebakaran yang berukuran besar kesulitan mengakses lokasi.

Dua mobil damkar bisa masuk ke dalam lokasi, sementara mobil damkar lainnya yang tak bisa masuk ke lokasi hanya terparkir di jalan utama, yakni Jalan Otto Iskandar Dinata, Jakarta Timur.

Total lima unit rumah dilahap si jago merah. Petugas pemadam kebakaran bersama warga saling bahu membahu memadamkan api.

Sejauh ini belum diketahui penyebab kebakaran. Sejumlah warga tampak panik karena proses pemadaman berlangsung tidak begitu lancar. Selain terkendala mobil damkar kesulitan masuk, air di mobil damkar tersebut juga beberapa kali habis.

Laporan Juwendra Asdiansyah