Angin Puting Beliung Terjang Kecamatan Paseh Sumedang

Puting beliung Sumedang
Tangkapan layar video viral peristiwa angin puting beliung di Kecamatan Paseh Sumedang. | ist

FORUM KEADILAN – Angin puting beliung menerjang Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, pada Jumat, 13/1/2023, sekira pukul 17.00 WIB.

Setidaknya, 10 rumah warga dilaporkan rusak akibat terjangan angin puting beliung tersebut. Sejauh ini belum ada laporan terkait adanya korban jiwa maupun luka dalam peristiwa ini.

Bacaan Lainnya

Camat Paseh Agus Sujatmiko mengatakan, kerusakan terjadi di Dusun Cilegok, Desa Paseh Kidul dan Dusun Cilalaren, Desa Paseh Kaler.

“Sejauh ini laporan yang masuk kerusakan rumah rata-rata pada bagian atap atau gentengnya,” ujar Agus.

Agus bilang, pihaknya belum menerima laporan terkait korban jiwa atau luka-luka karena kejadian ini.

“Korban sementara belum ada laporan dan mudah-mudahan tidak ada,” ujarnya.

Petugas masih melakukan pendataan untuk mengetahui data pasti terkait dampak dari bencana puting beliung tersebut.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang Atang Sutarno membenarkan kejadian ini.

“Benar tadi sore, ada terjangan angin puting beliung di salah satu desa di wilayah Paseh, Sumedang. Tadi kami langsung melakukan asessmen ke lokasi kejadian, dan Alhamdulillah, tidak menimbulkan dampak yang besar,” ujar Atang.

Atang mengimbau, masyarakat untuk tetap waspada, terutama ketika hujan berlangsung cukup lama dengan intensitas tinggi.

“Tetap waspada, saat hujan atau setelahnya, rawan terjadi bencana longsor, banjir, pohon tumbang, dan angin puting beliung seperti yang terjadi di wilayah Paseh ini,” ujar Atang.

Usai kejadian, video angin puting beliung di Kecamatan Paseh Sumedang ini viral di media sosial. Terlihat pusaran angin yang cukup besar bergerak ke arah pemukiman warga. *