Unisba Diserang Genk Motor, Dua Mahasiswa Luka

Genk motor menyerang area Unisba, Bandung. | Tangkapan layar

FORUM KEADILANGenk motor menyerang Universitas Islam Bandung (Unisba) di Jalan Tamansari, Kota Bandung, Jumat, 6/1/2023. Kejadian ini mengakibatkan  dua mahasiswa Universitas Islam Bandung (Unisba) terluka.

Kejadian tersebut terekam kamera CCTV. Rekaman video kamera CCTV itu diunggah akun Instagram @suaramahasiswadotinfo.

Bacaan Lainnya

Dalam unggahan tersebut disebutkan, video yang diunggah merupakan hasil rekaman kamera CCTV di Gedung Dekanat Unisba dengan keterangan: “Terlihat segerombolan pengendara bermotor yang melakukan penyerangan, datang dari arah bawah Jalan Tamansari menuju utara. Kemudian mereka turun berhamburan menyerang beberapa mahasiswa yang sedang berada di tangga baru (tangbar) Gedung Dekanat Unisba pada Jumat (6/1) pukul 22:16 WIB.”

Kepala Bagian Komunikasi dan Humas Unisba Firmansyah membenarkan kejadian yang terekam kamera CCTV tersebut. “Beberapa mahasiswa sedang ada kegiatan diskusi kerja kelompok di lingkungan Unisba, lingkungan terbuka di pinggir jalan. Tiba-tiba ada serombongan kelompok motor menyerang mahasiswa, entah apa motifnya, menggunakan senjata tajam, lalu mereka pergi,” kata dia,  Senin, 9/1/2023.

Menurut Firmansyah, akibat penyerangan itu, ada dua mahasiswa Unisba yang terluka. Satu mahasiswa dikabarkan terluka pada bagian tangan dan satu orang lainnya terluka pada bagian punggung.

“Mahasiswa kami luka sayatan di bagian punggung akhirnya diamankan dan dilarikan ke rumah sakit, ditangani dokter,” ujar Firmansyah.

Firmansyah mengatakan mahasiswa Unisba yang menjadi korban penyerangan kelompok bermotor itu sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit, Sabtu, 7/1/2023.

Sedangkan satu korban lainnya menjalani rawat jalan di rumah. “Hari ini mereka mulai UAS, masuk, jadi tidak ada yang luka serius,” kata dia.

Firmansyah mengaku sudah menanyakan kepada korban dan saksi terkait kejadian penyerangan itu. Menurut dia, tidak ada yang mengenal pelaku. “Korban tidak mengenal pelaku,” katanya.

Terkait peristiwa ini, Firmansyah mengimbau mahasiswa untuk berkegiatan di dalam area kampus. Mahasiswa juga diminta melapor kepada petugas keamanan jika hendak melakukan kegiatan di kampus.

“Ada kegiatan minta izin ke keamanan dan dilakukan di kampus dibandingkan di pinggir jalan,” ucap Firmansyah.*