Indonesia vs Vietnam Berakhir Imbang, Fachruddin dkk Buang Banyak Peluang

Indonesia vs Vietnam
Laga Timnas Indonesia vs Vietnam di semifinal Piala AFF 2022.| ist

FORUM KEADILAN – Laga Timnas Indonesia melawan Vietnam berakhir imbang. Laga semifinal Piala AFF 2022 itu berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat, 6/1/2023, pukul 16.30 WIB.

Kesebelasan Timnas Indonesia membuang banyak peluang dan tak menciptakan satu pun gol, lantaran buruknya penyelesaian akhir Fachruddin dan kawan-kawan.

Bacaan Lainnya

Leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam bakal berlangsung di kandang lawan yakni di My Dinh National Stadium, Hanoi, pada Senin 9/1/2023 pukul 19.30 WIB.

Jalannya Pertandingan

Babak pertama

Sejak babak pertama, Vietnam mendominasi permainan. The Golden Star tampil menekan dengan intensitas yang cukup tinggi. Namun, pasukan Timnas Indonesia berhasil meredam ancaman yang diberikan tim besutan Park Hang-seo itu.

Dalam waktu lima menit, Skuad Garuda mampu keluar dari tekanan. Lalu di menit ke-9, Indonesia mendapatkan peluang dari tendangan sudut.

Marselino Ferdinan menyundul bola setelah menyambut umpan Marc Klok. Namun, bola masih melambung di atas mistar.

Permainan berlangsung dengan cukup ketat dengan tempo yang tinggi. Baik Timnas Indonesia maupun Vietnam silih berganti melancarkan serangan.

Menit ke-13, Vietnam memperoleh peluang lewat tendangan voli Nguyen Quang Hai. Namun, tendangannya masih melenceng.

Pada menit ke-20, Dendy Sulistyawan memiliki peluang usai terlepas dari penjagaan pemain Vietnam di dalam kotak penalti.

Namun sayang, Dendy justru memilih mengumpan bukan melakukan sepakan langsung ke gawang. Bola pun bisa diamankan pemain lawan.

Beberapa kali menekan pertahanan Vietnam, Timnas Indonesia kembali mendapat peluang berbahaya di menit ke-29. Namun lagi-lagi, tendangan spekulasi keras Yakob Sayuri dari luar kotak penalti menyamping tipis di kiri gawang Dan Vang Lam.

Yakob Sayuri kembali melakukan sepakan keras di menit ke-31. Kali ini di dalam kotak penalti usai menerima umpan Jordi Amat yang langsung lari kencang. Namun, sepakannya masih bisa diblok bek Vietnam.

Marselino Ferdinan melepaskan sepakan keras di dalam kotak penalti pada menit ke-36. Sayangnya bola masih bisa dihalau oleh kiper Vietnam.

Semenit kemudian, Yakob Sayuri melakukan sundulan, namun lagi-lagi masih bisa ditepis oleh Dan Vang Lam.

Hingga menit ke-45, kedua tim masih belum mampu menciptakan gol meski sama-sama memiliki peluang.

Babak kedua

Pada babak kedua, Timnas Indonesia terus berusaha menyerang, kendati Vietnam masih mampu bertahan.

Permainan Skuad Garuda mulai memanas di pertengahan babak kedua, namun lagi-lagi semua peluang gagal berbuah gol.

Park Hang-seo mengganti tiga pemainnya di menit 69 dan 75.
Sementara Timnas Indonesia baru memasukkan pemain baru di menit 81.

Rachmat Irianto yang kesakitan digantikan dengan Ricky Kambuaya. Setelahnya, Shin Tae-yong memilih untuk tetap mempercayai pemain yang tampil semenjak menit pertama.

Hingga menit akhir pertandingan, masih belum ada gol yang tercipta dari kedua tim. Hasil pertandingan semifinal leg pertama Piala AFF 2022 berakhir imbang.

Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Vietnam:

Timnas Indonesia XI (4-2-3-1): Nadeo Arga Winata (GK), Fachruddin Wahyudi Aryanto (C), Rizky Ridho Ramadhani, Jordi Amat Maas, Pratama Arhan Alif Rifai, Asnawi Mangkualam Bahar, Marc Anthony Klok, Rachmat Irianto, Marselino Ferdinan Philipus, Yakob Sayuri, Dendy Sulistyawan.

Cadangan: Muhamad Riyandi, Syahrul Trisna Fadillah, Moh Edo Febriansah, Saddil Ramdani, Ilija Spasojevic, Hansamu Yama Pranata, Syahrian Abimanyu, Muhammad Ramadhan Sananta, Egy Maulana Wikri, Ricky Richard Kambuaya, Witan Sulaiman, Muhammad Rafli.

Vietnam XI (5-3-2): Dan Vang Lam (GK); Doan Van Hau, Vu Van Thanh, Bui Tien Dung, Que Ngoc Hai, Do Duy Manh, Do Hung Dung, Nguyen Quang Hai, Nguyen Hoang Duc, Phan Van Duc, Nguyen Tien Linh.

Cadangan: Tran Nguyen Manh, Nguyen Van Toan, Nguyen Thanh Binh, Nguyen Phong Hong Duy, Nguyen Van Toan, Nguyen Tuan Anh, Chau Ngoc Quang, Ho Tan Tai, Nguyen Van Quyet; Pham Tuan Hai, Nguyen Thanh Chung, Bui Hoang Viet Anh.*