Gempa M 4,9 Landa Pangandaran dan Garut, Tak Berpotensi Tsunami

ilustrasi gempa | ist

FORUM KEADILANGempa bumi Magnitudo 4,9 melanda wilayah Pangandaran dan Garut, Selasa, 3/1/2023, pukul 06.55.20 WIB. Menurut BMKG, episenter terletak pada koordinat 8.14 LS dan 107.88 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 83 km Barat Daya Kabupaten Pangandaran, Jabar, dengan kedalaman 29 km.

Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas penyesaran di dasar laut di Samudra Hindia selatan Jawa Barat.

Bacaan Lainnya

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa dirasakan di Garut, Pangalengan, Bungbulang, Pameungpeuk, Sindangbarang, dan Cidaun, dalam Skala Intensitas III MMI.

Kemudian, di Pangandaran, Tasikmalaya, Cisompet, dan Kota Banjar dalam Skala Intensitas II – III MMI. Sementara di Sukabumi, Cianjur dan Kabupaten Bandung dalam Skala Intensitas II MMI.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa Pangandaran dan Garut tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 07:20 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.*