Indonesia Vs Filipina, Skuad Garuda Wajib Tekuk The Azkals

Indonesia vs Filipina
Timnas Indonesia akan melawan Filipina pada Laga terakhir Grup A Piala AFF, Senin, 2/1/2023.| ist

FORUM KEADILAN – Pertandingan Timnas Indonesia melawan Filipina akan berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Senin, 2/1/2023, pukul 19:30 WIB.

Laga terakhir Grup A ini menjadi penentu nasib Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Skuad Garuda akan menyegel slot di semifinal jika mampu menahan imbang atau menang atas Filipina.

Bacaan Lainnya

Untuk menjadi juara grup, Indonesia wajib menang besar dengan selisih gol melampaui Thailand yang akan melawan Kamboja dalam laga terakhir pada hari yang sama.

Saat ini Indonesia berada di peringkat kedua Grup A Piala AFF 2022 dengan tujuh poin dari tiga laga (selisih gol +8). Thailand memuncaki klasemen juga dengan tujuh poin dari tiga laga tetapi unggul selisih gol (+9).

Kamboja berada di peringkat ketiga dengan enam poin (tiga laga, selisih gol +4), lalu di bawahnya menguntit Filipina dengan tiga poin dari tiga laga (selisih gol -1) dan Brunei Darussalam di dasar klasemen dengan nol poin dari empat laga (selisih gol -20).

Timnas Indonesia dihadapkan dengan dua tantangan berat, terutama soal lapangan kandang lawan. Lapangan Stadion Rizal Memorial menggunakan rumput sintetis, sehingga skuad Garuda membutuhkan waktu untuk beradaptasi.

“Kami juga butuh adaptasi melihat lapangan pakai rumput sintetis,” ucap kiper timnas Indonesia Nadeo Argawinata, dikutip dari laman PSSI, Senin, 2/1/2023.

“Tetapi, itu (rumput sintetis) tidak jadi masalah besar. Untuk keseluruhan kami pasti siap,” imbuh Nadeo.

“Kami pasti adaptasi dulu, tapi itu tidak ada masalah besar. Makanya kita latihan coba hari ini untuk membiasakan,” ucap pilar Bali United tersebut.

Selain rumput, postur pemain Filipina juga menjadi rintangan yang harus bisa diatasi timnas Indonesia. Nadeo mewaspadai bola-bola panjang yang mungkin menjadi andalan Filipina karena lawan unggul dalam postur.

“Filipina kita tahu punya postur yang bagus, tinggi besar juga, apalagi main di lapangan ini,” ucap Nadeo.

“Mereka sangat paham juga. Saya prediksi mereka akan mengandalkan bola-bola di belakang kita dalam arti bola long ball,” tambahnya.

Rombongan skuad timnas Indonesia sudah tiba di Filipina pada Jumat, 30/12/2022, malam waktu setempat. Sehari setelah tiba di Manila, timnas Indonesia langsung menggelar latihan di hotel tempat, sebelum membiasakan diri di Stadion Rizal Memorial.

Saat sesi konferensi pers, pelatih Timnas FIlipina Josep Ferre menjanjikan performa gemilang untuk menyulitkan Timnas Indonesia.

“Melawan Indonesia menjadi momen bagus bagi kami untuk membuktikan diri. Saya percaya kepada pemain saya dan motivasi mereka,” kata Josep.

Pelatih asal Spanyol itu mengakui kualitas Timnas Indonesia di atas skuadnya. Namun, Filipina bukanlah kesebelasan yang kalah sebelum bertanding meski mereka sudah dipastikan tidak lolos dari fase grup Piala AFF.

Josep bilang, setiap pemain harus memiliki tujuan ketika mereka mengenakan seragam timnas. Adapun tujuannya adalah memberikan kebanggaan kepada masyarakat Filipina, baik yang hadir maupun yang tidak ada di stadion.

“Kami mesti menunjukkan penampilan maksimal kepada semua orang,” ucap pria berusia 39 tahun itu.

Untuk mengantisipasi Indonesia, Josep mengaku sudah menyiapkan taktik khusus. Salah satunya tidak membiarkan Indonesia melepaskan umpan-umpan silang ke kotak penalti.

Operan panjang (direct) skuad Garuda juga disebutnya perlu diwaspadai. Selain itu, Filipiana akan tampil bertahan dan mencuri celah melalui serangan balik.

“Kami akan berjuang keras sampai akhir demi hasil yang bagus di sini,” tegas Josep.

Josep Ferre juga mengatakan, timnya akan memanfaatkan kondisi lapangan Stadion Rizal Memorial. Lapangan yang akan dipakai untuk menjamu Indonesia itu menggunakan rumput buatan.

Sementara soal absennya bek tengah naturalisasi Indonesia Jordi Amat, Josep tak menganggap itu bekal yang bagus untuk mengimbangi Indonesia.

“Jordi itu pemain berpengalaman dan bisa diandalkan, tetapi dia bisa digantikan siapa saja dengan level serupa,” ucapnya.

“Akan tetapi, untuk lapangan, rumput artifisial ini akan sangat untuk Indonesia karena pantulan dan kecepatan bola menjadi tidak sama. Kami akan mengambil keuntungan dari situ,” ujar dia.

Jadwal pertandingan

Senin, 2 Januari 2023

19:30 WIB, Filipina vs Indonesia

Venue: Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina

19:30 WIB, Thailand vs Kamboja

Venue: Stadion Thammasat, Rangsit, Thailand. *