BPBD: Waspada Banjir Rob di Jakarta 3-10 Januari Imbas Full Moon

Banjir rob
Ilustrasi banjir rob. | ist

FORUM KEADILANDKI Jakarta berpotensi banjir pesisir atau banjir rob pada periode 3-10 Januari 2023 mendatang. Banjir Rob ini merupakan imbas dari fenomena Bulan Purnama (Full Moon) pada tanggal 6 Januari 2023, sehingga meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum.

Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengimbau masyarakat di wilayah pesisir Utara Jakarta agar senantiasa waspada selama beberapa hari ke depan.

Bacaan Lainnya

“Berdasarkan siaran pers BMKG tentang Peringatan Potensi Banjir Pesisir (ROB) tanggal 3 Januari sampai dengan 10 Januari 2023, terdapat adanya fenomena Bulan Purnama (Full Moon) pada tanggal 6 Januari 2023 berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum,” demikian dikutip dari akun instagram @bpbddkijakarta, Senin, 2/1/2023.

BMKG sebelumnya telah menyatakan bahwa awal tahun 2023 ini berpapasan dengan fenomena bulan purnama atau full moon yang berpotensi menyebabkan pasang air laut atau banjir rob.

Sejumlah wilayah pesisir di Indonesia pun diwanti-wanti untuk bersiaga, salah satunya pesisir utara DKI Jakarta yang diprediksi banjir Rob pada 3-10 Januari 2023.

“Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia,” kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo.

Adapun berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di wilayah pesisir Utara DKI Jakarta.

Masyarakat pun diimbau selalu waspada dan siaga mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut, di antaranya memantau peringatan dini gelombang pasang melalui situs bpbd.jakarta.go.id, mengunduh buku panduan kesiapsiagaan, serta melaporkan bila terjadi potensi genangan atau banjir melalui aplikasi JAKI.*