AFF 2022: Menang 2-1 dari Filipina, Indonesia Runner-up Grup A, Thailand Pertama

FORUM KEADILAN – Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2022 usai menang tipis 2-1 atas Filipina di laga terakhir Grup A. Indonesia finis sebagai runner-up grup di belakang Thailand.

Duel Filipina vs Indonesia di laga terakhir Grup A Piala AFF 2022 digelar di Stadion Rizal Memorial, Senin, 2/1/2023, malam WIB. Pertandingan ini menentukan langkah Indonesia ke semifinal.

Bacaan Lainnya

Dari pertandingan lainnya, Thailand menang 3-1 atas Kamboja di Stadion Thammasat, Senin, 2/1/2023.

Dengan begitu, Thailand lolos ke semifinal Piala AFF 2022 sebagai juara Grup A.

Thailand dan Indonesia sama-sama mengumpulkan 10 poin dari empat pertandingan. Namun, Thailand unggul selisih gol (+11) atas Indonesia (+9).

Jalannya Pertandingan

Indonesia menyerang dari sisi kanan di menit-menit awal pertandingan. Saddil Ramdani melepaskan tembakan dari sudut sempit, tapi ditepis oleh kiper Filipina.

Filipina juga tak kalah ngotot meski sudah dipastikan tersingkir. Tekanan Filipina menghasilkan sepak pojok.

Dari situasi itu, bola yang ditinju Nadeo Argawinata jatuh ke kaki Stephan Schrock yang ada di luar kotak penalti. Dia kemudian melepaskan tembakan dan ditepis oleh Nadeo.

Indonesia membuka keunggulan pada menit ke-21. Sundulan Dendy Sulistyawan membawa Indonesia memimpin 1-0. Dia memanfaatkan bola lemparan ke dalam dari Pratama Arhan.

Tak lama setelah gol, Indonesia harus melakukan pergantian pemain dengan menarik keluar Nadeo Argawinata. Kiper Bali United itu tak bisa melanjutkan pertandingan usai berbenturan dengan pemain lawan.

Indonesia mendapat peluang untuk menggandakan keunggulan pada menit ke-37. Dendy menerima bola sodoran dari Asnawi tapi tembakan kaki kirinya melambung di atas gawang.

Tak lama kemudian, giliran Fachruddin yang memperoleh peluang. Dia mencoba melepaskan tendangan voli dengan kaki kanan, tapi belum tepat sasaran.

Indonesia menggandakan keunggulan pada menit ke-43. Marselino Ferdinan melakukan kerja sama satu dua dengan Saddil dan melepaskan tembakan untuk membobol gawang Filipina.

Tempo permainan sedikit menurun di babak kedua. Penyelesaian akhir yang kurang membuat Indonesia belum berhasil menambah gol sampai menit ke-60.

Filipina sempat mengancam gawang Indonesia pada menit ke-78. Sandro Reyes yang berdiri di sisi kanan kotak penalti melepaskan tembakan ke arah gawang usai menerima umpan dari sisi kiri. Syahrul Trisna masih sigap menepis bola.

Filipina memperkecil ketertinggalan pada menit ke-83. Sebastian Rasmussen membobol gawang Indonesia lewat sundulan usai memanfaatkan umpan silang dari sisi kiri.

Serangan balik Indonesia gagal membuahkan hasil. Meski dalam posisi dua lawan satu, Indonesia gagal memanfaatkan momentum. Ricky Kambuaya mencoba menggiring bola mendekati kotak penalti Filipina, tapi bisa dipotong pemain lawan.

Peluang didapat Spaso. Tapi sepakannya di depan gawang setelah menerima sebuah umpan tarik ditepis oleh kiper Filipina.*

 

Susunan Pemain

Indonesia: Nadeo Argawinata (Syahrul Trisna 22′), Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto, Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, Marselino Ferdinand, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman (Yakob 58′), Saddil Ramdani (Egy 59′), Dendy Sulistyawan.

Filipina: Antony Pinthus, Simen Alexander, Jefferson Tabinas, Amani Santos, Audie Bantas Menzi, Hikaru De Asis Minegishi (Nunez 21′), Stephan Schrock, Oliver Bias (Rasmussen 60′), Kenshiro Daniels, Mark Hartmann (Reyes 60′).*