Presiden Jokowi Laksdya Muhammad Ali Jadi KSAL

Presiden Jokowi melantik Muhammad Ali menjadi KSAL di Istana Negara, Jakarta, 28/12/2022. | Biro Setpres

FORUM KEADILAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Muhammad Ali menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 28/12/2022. Ali kini resmi berpangkat Laksamana.

Hadir sejumlah pejabat dalam acara pelantikan itu di antaranya Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menko Polhukam Mahfud Md, Mensesneg Pratikno, dan Menhan Prabowo Subianto.

Bacaan Lainnya

Selain itu, hadir pula Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, KSAD Jenderal Dudung Abdurahman, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, dan Kepala Bakamla Laksdya Aan Kurnia. Para perwira tinggi TNI AL juga hadir dalam acara itu.

Prosesi pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, acara dilanjutkan pembacaan surat keputusan presiden mengenai pengangkatan Ali menjadi KSAL.

Jokowi kemudian memimpin pembacaan sumpah. Rohaniwan berdiri di dekat Ali.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” demikian petikan sumpah yang dibacakan Ali.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengangkatan sumpah jabatan Ali sebagai KSAL. Panglima TNI dan Kapolri menjadi saksi.

Setelah itu, surat keputusan presiden mengenai kenaikan pangkat jabatan Ali menjadi Laksamana. Jokowi lalu menyematkan tanda pangkat dan jabatan kepada Ali. Ali dan Jokowi kemudian bersalaman dan berfoto bersama.

Muhammad Ali merupakan perwira lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) pada 1989. Sejumlah jabatan penting pernah diemban Ali mulai dari Gubernur AAL, Asrena KSAL hingga Pangkogabwilhan I.*