Bantai Brunei 7-0, Indonesia Puncaki Klasemen Grup A Piala AFF 2022

Timnas menang telak 7-0 melawan Brunei Darussalam di Stadion Kuala Lumpung, Senin, 26/12/2022. | Ist

FORUM KEADILAN – Timnas Nasional Indonesia mengakhiri pertandingan kedua Piala AFF 2022,  dengan kemenangan telak 7-0 melawan Brunei Darusalam pada, Senin sore, 26/12/2022

Pada Laga yang berlangsung di Stadion Kuala Lumpur Malaysia tersebut, Indonesia sudah unggul di menit ke-19 lewat gol yang dilesakkan oleh Syahrian Abimanyu.

Bacaan Lainnya

Unggul 1-0 tidak membuat Indonesia mengendurkan serangannya dengan beberapa kali memaksa Brunei melakukan pelanggaran.

Malapetaka bagi Brunei hadir pada menit ke-38, setelah wasit mengeluarkan kartu merah untuk pemainnya Ali Nur Rasibi yang melakukan pelanggaran terhadap Saddil Ramdani.

Kekurangan jumlah pemain, membuat Indonesia semakin menguasai permainan atas Brunei dan berhasil menambah gol pada menit ke-40 lewat aksi Dendy Sulistiyawan untuk menutup pertandingan babak pertama dengan keunggulan 2-0.

Memasuki babak kedua, Indonesia langsung mengambil inisiatif permainan, terbukti pada menit ke-51 sudah mendapat peluang emas di depan gawang namun Hansamuyama gagal, memasukkan bola di depan gawang kosong dari Brunei.

Meski demikian, pada menit ke-59 Indonesia kembali memperlebar jarak menjadi 3-0 setelah Egy Maulana Vikri berhasil menyundul bola melewati garis gawang dari Brunei.

Satu menit berselang tepatnya menit ke-60, Indonesia menggenapkan skor menjadi 4-0 melalui striker naturalisasi Ilija Spasojevic yang memanfaatkan umpan silang dari Asnawi.

Menit ke-68 pemain pengganti Ramadhan Sananta, membuat Indonesia unggul 5-0 setelah memanfaatkan umpan tarik dari Yakob Sayuri.

Gelandang serang asal Persib Bandung, Mark Klok yang juga baru masuk pada babak kedua, turut mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-85 untuk membawa Indonesia unggul 6-0.

Menjelang laga berakhir Yakub Sayuri kembali menambah gol bagi Indonesia menjadi 7-0, untuk mempertegas keunggulan atas Brunei Darusalam.

Sampai laga berakhir tidak ada lagi gol yang tercipta, dengan hasil ini Indonesia berhasil memuncaki klasemen Grup A Piala AFF 2022 dengan mengkoleksi 6 poin dari dua laga yang dijalani.

Berikut Klasemen Sementara Grup A Piala AFF 2022 kelar Laga Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam

  1. Indonesia (2 kali main, 6 poin, selisih gol +8)
  2. Thailand (1 kali main, 3 poin, selisih gol +5)
  3. Filipina (2 kali main, 3 poin, selisih gol +3)
  4. Kamboja (2 kali main, 3 poin, selisih gol 0)
  5. Brunei Darussalam (3 kali main, 0 poin, selisih gol -16)*

Laporan: Ade Feri Anggriawan