Tips Memilih Koper untuk Liburan, Jangan Salah Pilih Ukuran dan Bahan

Koper
Ilustrasi penggunaan koper. | ist

FORUM KEADILAN – Saat membeli koper jangan sampai salah pilih ukuran dan bahan. Sebab, koper bisa menjadi investasi jangka panjang, khususnya bagi pelancong. Jika tepat memilihnya, maka benda ini bisa digunakan seumur hidup.

Jangan sampai baru satu atau dua kali pakai, roda koper justru copot dan ritsleting tidak bisa ditutup lagi karena kelebihan beban, sehingga kamu harus memperbaikinya atau malah membeli koper baru.

Berikut ini sejumlah tips yang bisa jadi pertimbangan sebelum membeli koper yang tepat untuk liburan, dilansir dari berbagai sumber.

Tips memilih koper untuk perjalanan

1. Perhatikan ukuran koper

Saat ini koper beragam ukuran sudah banyak dijual di pasaran, jadi pelaku perjalanan tinggal menyesuaikannya dengan lamanya bepergian.

Ada koper 20 inci (sekitar 50,8 sentimeter atau cm) berkapasitas sekitar 36 liter untuk ukuran kabin, ada juga juga yang 24 inci (sekitar 60,96 cm) berkapasitas sekitar 60 liter untuk ukuran medium.

Selain itu, ada koper berukuran paling besar yaitu 28 inci (sekitar 71,12 cm) berkapasitas 90-an liter.

Jika bepergian sendiri, bisa memilih koper ukuran kabin, agar tak perlu antre lagi saat memasukkan bagasi. Sementara kita pergi lumayan jauh, pilihlah ukuran medium.

Bagi yang hendak ke luar negeri atau bepergian dengan keluarga, bisa memilih koper paling besar ukuran 28 inci, agar lebih efisien.

2. Periksa sistem penguncian

Saat ini koper sudah banyak yang menyediakan fitur penguncian TSA lock, sehingga penggunanya tidak perlu lagi menggunakan kunci gembok secara terpisah.

TSA lock berguna sebagai standar penguncian koper internasional.
Bahkan, saat ini ada pula koper yang sudah menyediakan fitur zipper-lock, yang dinilai lebih aman dari pembobolan dan pencurian.

3. Cek roda dan handle koper

Pastikan untuk memilih koper yang rodanya bisa diputar 360 derajat, agar memudahkan saat membawanya di bandara.

Soal handle, pilihlah koper yang dilengkapi handle di atas dan di samping badan koper.

Handle yang ada di atas dan juga di samping, akan memudahkan saat menurunkan barang, misal dari taksi atau mobil.

4. Perhatikan bahan koper

Pertimbangan yang satu ini lebih ke selera masing-masing, lebih suka koper yang soft case atau hard case. Soft case, misalnya, lebih lentur sehingga bisa meminimalisasi kerusakan jika dibanting.

Bila memilih koper hard case, pelaku perjalanan bisa memperhatikan bahan yang digunakan. Ada bahan polypropilane dan policarbonte yang termasuk bahan terbaik dalam pembuatan koper.

Demikian tips saat membeli koper untuk liburan agar awet dan efisien. Semoga bermanfaat. *