Babak Pertama Final Piala Dunia 2022, Argentina Ungguli Prancis 2-0

Lionel Messi mengecoh pemain-pemain Prancis dan membuka keunggulan Argentina atas Prancis | REUTERS/DYLAN MARTINEZ

FORUM KEADILAN – Babak pertama final Piala Dunia 2022, Minggu malam, 18/12, di Stadion Lusail, Qatar, berlangsung seru. Bermain cantik, Argentina sementara unggul 2-0 atas Prancis.

Gol Tim Tango dicetak oleh Lionel Messi dari titik putih pada menit ke 22. Sementara gol ke dua diceploskan oleh Angel Di Maria pada menit ke 35 lewat proses yang indah.

Bacaan Lainnya

Gol pertama bermula dari dribble maut Di Maria dari sektor kanan Prancis. Menggocek dan menusuk hingga kotak penalti, aksi Di Maria terpaksa dihentikan dengan sliding Ousman Dembele. Wasit tanpa ragu memberi hukuman penalti untuk Prancis.

Dengan dingin, Messi mengeksekusi tendangan 12 pas tersebut. Si Kutu mengirim bola tak begitu keras ke sisi kiri gawang dan sukses mengecoh kiper Prancis Hugo Lloris yang malah bergerak ke kanan.

Gol ke dua lahir dari proses yang indah sebelum akhirnya Di Maria menyelesaikannya lewat sepakan kaki kiri yang kembali menggetarkan gawang Lloris.

Secara keseluruhan Argentina tampil dominan di babak pertama. Tim Tango bermain cantik, percaya diri, dan sangat berbahaya dalam membangun serangan dan menciptakan peluang.

Masih ada satu babak untuk menentukan siapa tim terbaik di gelaran Piala Dunia 2022. Prancis harus bekerja keras untuk mengejar defisit dua gol.

Argentina dan Prancis merupakan tim besar dengan reputasi hebat dan sederet pemain bintang kaya pengalaman.

Baik Argentina maupun Prancis sama-sama telah dua kali meraih trofi juara Piala Dunia. Argentina menjadi kampiun pada 1978 dan 1986. Sementara Prancis mengangkat trofi juara pada 1998 dan 2018.

Khusus Prancis, ini ikhtiar mereka untuk mempertahankan trofi yang diraih pada 2018. Jika berhasil, mereka akan menjadi tim ke tiga yang sukses mengangkat trofi Piala Dunia dalam dua gelaran beruntun alias back to back, selain Brasil dan Italia.

Sementara bagi Argentina, jika menjadi juara, bukan hanya meraih gelar ke tiga, mereka akan membayar kegagalan pada final Piala Dunia 2014 di mana saat itu juga dimotori megabintang Lionel Messi. Argentina secara keseluruhan telah tampil di lima final Piala Dunia. Dua di antaranya Tim Tango sukses meraih gelar juara, dan tiga lainnya kandas.

La Albicelste juara di gelaran 1978 dengan bintangnya Mario Kempes dan 1986 dengan bintang Diego Armando Maradona. Mereka gagal dan harus puas menjadi runner-up pada Piala Dunia 1930, 1990, dan 2014.*

banner 468x60