Fitur Notes Instagram yang Lagi Hits, Bisa Update Status 60 Karakter

Fitur instagram
Fitur terbaru instagram. | ist

FORUM KEADILANInstagram membuat heboh pengguna lantaran merilis banyak fitur baru agar pengguna terhubung dengan lebih banyak orang. Fitur-fitur yang diluncurkan antara lain Candid Stories, Notes, dan groups.

Fitur Notes adalah yang paling ramai dibicarakan saat ini. Dengan fitur ini, pengguna Instagram bisa membuat status singkat sebagai conversation starter hingga 60 karakter berisi teks dan emoji.

Instagram
Fitur Notes Instagram. | ist

Pengguna bisa membagikan Notes dengan followers yang diikuti atau orang-orang di daftar Close Friend. Notes hanya muncul dalam bentuk bubbles di DM Instagram selama 24 jam dan tidak akan terlihat di feed, seperti dikutip dari The Verge, Kamis, 14/12/2022.

Kemudian, ada fitur Candid Stories, yang sekilas mirip seperti aplikasi BeReal yang sedang populer. Pengguna bisa membagikan foto yang diambil menggunakan kamera belakang dan kamera depan secara bersamaan.

Pengguna juga bisa mendapatkan notifikasi pengingat untuk mengunggah konten Candid. Konten ini akan muncul di bilah Stories di bagian atas aplikasi Instagram dan hanya bisa dilihat oleh pengguna lain yang sudah mengunggah konten Candid-nya sendiri.

Instagram memang sudah menguji coba fitur ini sejak beberapa bulan yang lalu dengan nama ‘Candid Challenge‘. Saat ini fitur Candid Stories akan diluncurkan untuk uji coba di Afrika Selatan.

Adapun fitur Group Profiles, sesuai namanya memungkinkan beberapa pengguna untuk posting konten lewat satu akun. Namun, konten yang dibagikan ke Group Profile hanya akan bisa dilihat oleh anggota grup, dan tidak bisa dibagikan ke semua followers.

Pengguna bisa membuat Group Profile baru dengan cara ketuk ikon Plus dan pilih opsi Group Profiles. Saat ini fitur tersebut masih diuji coba di Kanada, Chile, dan Taiwan.

Tak hanya itu, Instagram juga merilis fitur Collaborative Collections yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan konten dari feed ke koleksi kolaboratif di dalam grup atau DM one-on-one.

Pengguna bisa menambahkan konten ke dalam Collaborative Collections dengan menyimpan postingan langsung dari feed atau dibagikan ke teman via DM dan disimpan dari situ.*