Messi: Argentina ke Final “Berkat” Arab Saudi

GRAFIS Rahmad Fadjar Ghiffari - Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Argentina selangkah lagi merengkuh gelar juara Piala Dunia 2022. Tim Tango maju ke final setelah sukses menggebuk Kroasia dengan skor telak 3-0 di babak semifinal, Rabu dinihari WIB, 14/12/2022.

Pencapaian ini tentu istimewa dan menjadi terasa semakin istimewa mengingat Lionel Messi dan kawan-kawan keok pada laga perdana mereka di Qatar. Argentina harus menelan pil pahit setelah secara mengejutkan kalah 1-2 dari Arab Saudi dalam laga Grup C di Stadion Lusail Iconic pada 22 November lalu.

Bacaan Lainnya

Kekalahan dari Arab Saudi sempat membuat Albiceleste terpuruk dan sulit untuk membangun kembali semangat. Meski begitu, skuat Argentina mampu bangkit. Bagi Messi, kekalahan dari Arab Saudi justru membuat timnya menjadi kuat.

“(Kekalahan dari Arab Saudi) adalah ujian berat bagi seluruh skuat, tetapi kami membuktikan betapa kuatnya kami,” ujar Messi dikutip dari Talksport.

Menurut eks bintang Barcelona itu, menjelang laga melawan Arab Saudi saat itu dia begitu optimistis menang. Apalagi merujuk tren Argentina tidak pernah terkalahkan dalam enam pertandingan terakhir.

“Bagi kami setiap pertandingan adalah final dan kami sadar jika kami tidak memenangkan segalanya akan menjadi rumit bagi kami,” ujar peraih tujuh gelar Ballon d’Or ini.

“Kami kalah di pertandingan pertama karena detail yang bagus, tetapi kekalahan itu membantu kami menjadi lebih kuat,” sambung Messi.

Lionel Messi tampil apik membawa Argentina ke final Piala Dunia 2022 dengan menggilas Kroasia 3-0. Messi mencetak satu gol dari titik putih dan satu assist dalam pertandingan tersebut.

Kebanggaan menembus final juga dirasakan Julian Alvarez yang memborong dua gol lainnya. Dia mengaku sedang dalam optimisme tinggi menatap gelar juara dunia.

“Saya senang, kami pantas mendapatkan ini (juara dunia),” kata Alvarez. “Keluarga saya pasti sudah gila, seperti yang saya bayangkan di seluruh negeri. Kami akan mencoba melakukan segalanya.”

Dengan gelaran di Qatar ini, Argentina sudah enam kali melaju ke final Piala Dunia. Sebelumnya mereka tampil di final Piala Dunia 1930, 1978, 1986, 1990, dan 2014.

Argentina sukses mengangkat trofi juara pada Piala Dunia 1978 dengan bintangnya Mario Kempes dan 1986 dengan kepemimpinan megabintang Diego Armando Maradona, sementara tiga final lainnya hanya berujung trofi runner-up.

Final Piala Dunia 2022 akan digelar di Stadion Lusail pada Minggu malam WIB, 18/12. Argentina bakal bertemu pemenang laga semifinal lainnya yang mempertemukan Prancis dan Maroko.*

banner 468x60