Keistimewaan Sedekah Jumat, Diganjar Pahala Berlipat Ganda

Ilustrasi Sedekah Jumat
Ilustrasi sedekah Jumat. | ist

FORUM KEADILAN – Hari Jumat adalah hari yang penuh berkah bagi umat Muslim. Bersedekah di hari Jumat memiliki keistimewaan tersendiri. Di Indonesia, sedekah Jumat berkah kerap dilakukan bahwa menjadi kebudayaan masyarakat.

Sedekah Jumat berkah biasa kita temui di tempat-tempat umum, maupun jalanan, orang membagikan makanan dan minuman gratis. Selain itu, acapkali kita menemukan di beberapa masjid besar yang membagikan sedekah berupa makanan atau lainnya kepada jamaah salat ataupun masyarakat sekitar.

Meskipun, melakukan sedekah memang tidak harus dilakukan pada hari Jumat saja, melainkan kapan pun boleh dilakukan.

Mengutip buku Jika Sedekah Menjadi Lifestyle (Gaya Hidup) karya Bagenda Ali (2020), berikut ini manfaat dari sedekah Jumat berkah:

1. Nilai pahalanya berlipat ganda

Kemuliaan hari Jumat membuat sedekah di hari tersebut nilai pahalanya dilipat gandakan oleh Allah SWT. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits yang berbunyi:

“Sedekah itu dilipat gandakan pahalanya pada hari Jumat (yakni bila sedekah itu pada hari Jumat maka pahala berlipat ganda dari hari lain.” (HR. Abi Syaibah)

2. Mempererat tali persaudaraan

Dengan melakukan sedekah Jumat berkah, artinya sama dengan upaya kita dalam mempererat silaturahmi dengan sesama manusia. Sedekah di hari Jumat menjadi cara untuk menjaga tali silaturahmi dengan orang-orang di sekitar kita.

Hal tersebut sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Sedekah yang diberikan kepada seorang kerabat melayani tujuan ganda, yaitu menjadi sedekah itu sendiri dan mempererat persaudaraan. ” (HR. At-Tirmidzi)

3. Menyenangkan hati orang lain

Seseorang biasanya merasa senang ketika ia mendapatkan pemberian dari orang lain. Terlebih bagi orang yang sedang membutuhkan, maka sedekah Jumat berkah sangat diharapkan oleh mereka.

Sedekah seperti membagikan nasi bungkus kepada orang-orang yang kurang mampu dapat meringankan beban makan mereka pada hari itu.

4. Sedekah mendatangkan keuntungan

Selain kebahagiaan dan keuntungan yang diperoleh sang penerimanya, sedekah akan memberikan keuntungan juga bagi pemberinya. Hal tersebut dijelaskan dalam firman Allah SWT berikut ini:

فَاتَّقُوا اللّٰهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ وَاسْمَعُوْا وَاَطِيْعُوْا وَاَنْفِقُوْا خَيْرًا لِّاَنْفُسِكُمْۗ وَمَنْ يُّوْقَ شُحَّ نَفْسِهٖ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

Artinya: Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu dan dengarlah serta taatlah; dan infakkanlah harta yang baik untuk dirimu. Dan barang-siapa dijaga dirinya dari kekikiran, mereka itulah orang-orang yang beruntung. (QS. At-Tagabun: 16).

Demikian manfaat dan keistimewaan sedekah Jumat. Semoga menambah wawasan. *